ANALISIS STRATEGIS PEMKO MEDAN DALAM MELAKUKAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS OPEN DUMPING MENJADI SANITARY LANDFILL

Jehan Ridho Izharsyah

Abstract


Sampah sampai saat ini masih menjadi tantangan terbesar hampir diseluruh kota–kota besar di dunia. tantangan ini tentunya sebagai tolok ukur kota-kota tersebut layak tidaknya menjadi building town. permasalahan sampah tidak ada henti-hentinya dibahas di dunia terutama di indonesia khusunya kota medan. hal tersebut dikarenakan sampah berkaitan dengan reaktif aktifitas keseharian manusia serta budaya keseharian masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis strategis Pemko Medan dalam melakukan sistem pengelolaan sampah berbasis open dumping menjadi sanitary landfil Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan dengan studi lapangan, Wawancara dan Dokumentasi dengan beberapa kelompok kepentingan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Kota Medan kembali kepada Undang-undang Nomor. 18 tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah yang menuntut harus menyusun langkah strategis setelah masa ketetapan di dalam Undang-undang tersebut berakhir. Pengalihan sistem Open Dumping menjadi Sanitary Landfill dimulai dari Pewadahan, Pemilahan, Pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan akhir. Kota Medan mulai menerapkan langkah-langkah tersebut Walaupun TPA Terjun masih digunakan dan TPA Namo Bintang masih dalam tahap pengembangan. Sistem Zonasi TPA Namo Bintang Kecamatan Tuntungan pada Pengelolaan Sanitary Landfill ini jauh dari permukiman mengingat untuk mengutamakan Aspek Lingkungan sesuai arahan Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Raharjo. 2011. Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik Kota Medan (2019), Kota Medan Dalam Angka

Badan Lingkungan Hidup Kota Medan, 2017. Pengolahan Persampahan, Modul

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana.

Dinas Kebersihan Kota Medan, (2017) , Sistem Pengelolaan sampah Kota Medan.

Damanhuri, Enri, 2003, “Permasalahan dan Alternatif Teknologi Permasalahan Sampah Kota di Indonesia”, Prosiding Seminar Teknologi Untuk Negeri, Vol.I. Hal.394-400

Dunn W. N. Analisis Kebijakan Publik, 2003, Hanindita Graha Widya, Yogyakarta.

Faizah, 2008, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Masyarakat (Studi Kasus di Kota Yogyakarta), Tesis, Program Magister Ilmu Lingkungan, Undip, Semarang.

Harian Medan Bisnis, 2015, Pemko Medan Buka Lagi TPA Namo Bintang. http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/?id=194256

Hartono, Edi 2006, Peningkatan Pelayanan Pengelolaan Sampah di Kota Brebes Melalui Peningkatan Kemampuan Pembiayaan, Tesis, Program Studi Magister Teknik Perencanan Wilayah dan Kota, Undip, Semarang.

Hidayat, Taufik, 2004. Identifikasi Preferensi Masyarakat dalam Pengelolaan Persampahan Permukiman di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Tugas Akhir tidak diterbitkan, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Undip, Semarang.

Irman, 2005, Evaluasi Peran Serta Masyarakat dalam Pelaksanaan Sistem Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Di Kota Padang, Tesis, Program Studi Magister Perencanan Wilayah dan Kota, Undip, Semarang.

JICA, 2002, Draf Naskah Akademis Rancangan Perundang-undangan Pengelolaan Sampah,

Mirnawati, 2017, Analisis Kinerja Pengolahan Sampah di Kota Metro (Studi di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kota Metro Tahun 2015.Tesis, Magister Ilmu Administrasi,Unila, Bandar Lampung.

Nugroho, D. Riant, 2003, Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi dan Evaluasi, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Pemerintah Kota Medan (2016), Rencana Strategis Kota Medan 2016-2021.

Peraturan Daerah Kota Medan, Keputusan Walikota Medan Nomor 658.1/317.K/III/2013 tanggal 19 Februari 2013 Tentang TPA Namu Bintang.

PKP2AI, LAN,2004, Kajian Tentang Pengelolaan Bersama (Joint Manajement) Pelayanan Persampahan di Perkotaan.

Rukmana, Nana et,al. 1993, Manajemen Pembangunan Prasarana Perkotaan, Pustaka LP3ES, Jakarta.

Sari, Dewita. 2016. Peran Dinas Kebersihan Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di TPA Terjun Kecamatan Medan Marelan. Medan, Publikauma

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v4i2.2020.109-117

Article Metrics

Abstract view : 1277 times
PDF - 1126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.