DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA ASAL BRUNEI DARUSSALAM 2017-2019

Sekar Ayu Septia Purwaningsih, Megahnanda Alidyan Kresnawati

Abstract


Upaya diplomasi kebudayaan Indonesia dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Brunei Darussalam dengan diplomasi kebudayaan selama periode 2017-2019. Brunei Darussalam merupakan negara yang memiliki potensi dalam spending per visit yang cukup besar, namun pada tahun 2017-2018 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Brunei Darussalam mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan data dari pengumpulan data yang bersifat sekunder dengan studi kepustakaan seperti, sumber jurnal, buku, dokumen, makalah dan  beberapa berita yang bersumber dari internet yang berkaitan dengan penelitian.  Hasil yang didapat yaitu beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Brunei Darussalam dengan instrumen Diplomasi budaya, dengan nation branding sebagai instrumen utama, kegiatan tersebut meliputi Festival music dan kuliner, dibukanya rute penerbangan Brunei Darussalam- Balikpapan, Familirization Trip (Famtrip) , pertunjukan seni. Lalu di tahun 2019 terjadi kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang berasal dari Brunei Darussalam ditahun 2019 yakni sejumlah 19.278 masyarakat Brunei Darussalam yang berkunjung ke Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Drs. H Oka A. Yoeti, M. (1996 ). Pemasaran Pariwisata . Bandung : Angkasa .

Firdaus, A. M. (2023). Hubungan Diplomatik Indonesia-Brunei Darussalam (1984- 1998) .

Hurn, B. J. (2016 ). The Role of Cultural Diplomacy in Nation Branding .

Ibrahim, A. B. (2021). Exploring the Concept of Poverty and Welfare System Nexus: A Case Study of Brunei Darussalam.

KBRI. (2019, November 29). Retrieved Juli 16 , 2023, from kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/bandarseribegawan/id/news/3496/gaet-wisatawan-kbri-ajak-media-dan-influencer-brunei-keliling-tanah-minangkabau

Kementerian Luar Negeri Republik indonesia . (2018 ). Laporan Kinerja KBRI Bandar Seri Begawan .

Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia . (2019 , Agustus 5 ). Retrieved from kemlu.go.id : https://kemlu.go.id/bandarseribegawan/id/news/1592/indonesia-terus-genjot-kunjungan-wisatawan-brunei

Lenczowski, J. (2007 ). Cultural Diplomacy, Political Influence, And Integrated Strategy . Washington DC : The Institute of World Politics .

Natalia, E. C. (2018, Juli 20). Retrieved Juli 16, 2023, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20180720135740-4-24619/sriwijaya-air-siap-buka-rute-brunei-balikpapan

Ramdhani, G. (2018, Oktober 8). Retrieved Juli 16 , 2023, from Liputan 6: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3661877/sales-mission-kemenpar-di-brunei-berhasil-meraih-675-transaksi

Teslik, L. H. (2007 ). Nation Branding Explained . Retrieved from Council on Foreign Relations .

W.Gulo. (2002). Metode Penelitian . Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia .




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.393-397

Article Metrics

Abstract view : 626 times
PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.