PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK TARI SISWA SD MELALUI PELATIHAN TARI SEKAPUR SIRIH

Dwi Anggraini, Hasnawati Hasnawati, Yusnia Yusnia

Abstract


Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak siswa SD Negeri 36 Kota Bengkulu dalam menarikan tari tari Sekapur Sirih Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu pelatihan yang dilakukan sebanyak satu kali pertemuan dan pendampingan dilakukan sebanyak lima kali pertemuan serta evaluasi pelatihan satu pertemuan. Sasaran kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah siswa SD Negeri 36 Kota Bengkulu yang berjumlah 12 orang dan guru pendamping 2 orang. Instrumen untuk melihat keterampilan gerak siswa yaitu menggunakan pedoman observasi dan angket dengan indikator keterampilan gerak yaitu wiraga, wirama, wirasa dan harmoni. Berdasarkan hasil pengamatan keterampilan gerak siswa meningkat pada setiap pertemuan. Pada evaluasi akhir didapatkan rata-rata persentase akhir keterampilan gerak yaitu pada aspek wiraga 96%, wirama 91,66%, wirasa 89%, dan harmoni 83,33%. Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari warga sekolah. Terutama siswa yang sangat antusias pada setiap latihan yang dilakukan di sekolah. Siswa juga mengulang  gerak secara mandiri dengan latihan di rumah mengunakan video yang diberikan.


Keywords


sekapur sirih dance; movement skills; wiraga; wirama; wirasa;

Full Text:

PDF

References


Aprilianti, F. (2013). Keterampilan gerak tari kreasi dengan pendekatan quantum teaching di sekolah dasar. 1–11.

Destrinelli, D., & Leony, L. (2019). Meningkatkan Keterampilan Gerak Tari Melalui Strategi Praktik Berpasangan Kelas IV SD Negeri 66/IV Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 41–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6850

Handayani, A. N., & Nurbaeti, R. U. (2022). Pelatihan Tari untuk Membentuk Karakter bagi Peserta Didik SD Negeri Kedunguter 03. 2(02), 138–145.

Iriani, Z. (2012). Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 9(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v9i2.98

Kassing, G., & Jay, M., D. (2003). Dance Teaching Methods And Curriculum Design. Human Kinetics.

Mazhud, N. (2020). Pelatihan Gerakan Dasar Tari Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Menari Siswa kelas X SMA LPP UMI. Madaniya, 1(4), 190–201.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Gava Media.

Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 147–161.

Setiawan, A. (2019). Mengembangkan Nilai Karakter dan Kemampuan 4C Anak Melalui Pendidikan Seni Tari di Masa Revolusi Industri 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2), 193–211. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i2.2958

Sudarsono. (1977). Tari-tarian Indonesia I. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suwitri, R., Novitasari, A., & Effendi, R. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Tari Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4700–4707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1539

Tamurung, H. J. (2006). Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. Depdiknas.

Tarmizi, A., Agustina, Ismartono, Erianto, S., & S. (2021). Tari Sekapur Sirih Kota Bengkulu. Bengkulu: Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

Tetty Rachmi, Djatmiko, T., Sopiandi, A. T., & Purnomo, E. (2016). Keterampilan Musik dan Tari. Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1021-1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.