PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH 15 MEDAN

Hasrian Rudi Setiawan, Rizka Harfiani, Darliana Sormin, Muhammad Darwis

Abstract


Program kemitraan masyarakat (PKM) ini memiliki tujuan umum, yaitu untuk memberikan keterampilan kepada guru dalam memanfaatkan aplikasi digital dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari Program kemitraan masyarakat (PKM) ini, di dasarkan pada: masih banyak guru yang sulit dalam memanfaatkan berbagai media pembelajaran, teknologi informasi dan aplikasi digital dalam kegiatan pembelajaran. Ruang lingkup program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah: Pertama, memberikan keahlian kepada pendidik untuk menguasai teknologi informasi, sehingga dapat membantu dalam kegiatan penyampaian informasi pembelajaran; Kedua, memberikan keahlian kepada pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi; Ketiga, Memberikan keahlian kepada pendidik untuk menguasai berbagai aplikasi digital, yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan evaluasi pembelajaran. Program kemitraan masyarakat (PKM) ini, menggunakan metode baik kuantitatif maupun kualitatif. Pada pelaksanaan kegiatan pelatihan pemanfaatan aplikasi digital sebagai media dalam evaluasi pembelajaran di MTs Muhammadiyah 15 Medan, terdapat beberapa tahapan, diantaranya pelaksanaan program ini dimulai dari tahap persiapan program, tahap pelaksanaan program, dan tahap evaluasi program. Hasil dari kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah guru-guru yang ada dilingkungan MTs Muhammadiyah 15 Medan, setelah dilakukan program tersebut 86% guru-guru telah memiliki keterampilan dalam memanfaatkan aplikasi digital dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran dan mengolah data hasil evaluasi pembelajaran. Guru telah terampil dalam membuat soal-soal secara online dan mengolah data hasil evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi digital.


Keywords


Aplikasi Digital, Media, Evaluasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adler, J. M. (1992). he Paedeia Proposal: An Educational Manifesto. Mac Millan Publishing Co Inc.

Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK, 7(1), 11.

Bachtiar. (2021). Professional Teaching And Learning Effectiveness: A Case Of English Language Teaching In Indonesia. International Journal of Education, 14(1), 17.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.

Faznur, L. S. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Mediadalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. JurnalPengabdian MasyarakatTeknik, 2(2), 41.

Gunawan, A. A. R. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0 (1st ed.). Rajawali Pers.

Masaong. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Alfabeta.

Novauly, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45.

Nunung Supriadi. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Mandarin Berbasis Kearifan Lokal Di Purwokerto. Prosiding Seminar Nasional LPPM, 9(1), 29.

Rusman. (2013). Pembelajaran Berbasi Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan). UMSU Press.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 118–126.

Siahaan, A., & Bayoangin, T. (2014). Manajemen Pengembangan Profesi Guru. Ciptapustaka Media.

Silitonga, D. (2019). Komparasi Perencanaan Strategis (Renstra) Kemendikbud Dan Sma Negeri 68 Jakarta Berdasarkan Analisis TeorI. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 22(2), 114.

Sutirna, S. (2018). Persepsi Guru Terhadap Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1), 86.

Thomas, P. (2011). Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 6(1), 16.

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.347-357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.