PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR DI SD NEGERI 21 PONTIANAK UTARA

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Norholis Norholis, Meisa Erlinda Elen, Auly Chania, Tri Wahyuni Ramadani

Abstract


Kampus mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), yang kegiatan di dalamnya meliputi mengajar, adaptasi teknologi, serta administrasi sekolah. Dalam pelaksanaanya kampus mengajar ini memberdayakan mahasiswa untuk membantu pembelajaran di sekolah dasar di desa/kota. Salah satu sekolah yang dilibatkan adalah SD Negeri 21 Pontianak Utara yang terletak di Jalan Parit Pangeran, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak. Tujuan Program Kampus Mengajar adalah untuk memberikan solusi bagi sekolah yang terdampak pandemi covid-19. Kegiatan yang dilakukan yakni dengan memberdayakan mahasiswa sebagai peserta kampus mengajar dalam memberikan pelayanan pendidikan khususnya pada literasi dan numerasi terhadap semua peserta didik jenjang sekolah dasar yang terdampak pandemi covid-19. Hasil kegiatan menunjukkan Program Kampus Mengajar di SD Negeri 21 Pontianak Utara yang dilaksanakan melalui program mahasiswa yaitu mengajar di kelas, kelompok literasi, kelompok numerasi, persiapan ujian kelas VI, motivation for student, membuat media video pembelajaran, aku kreatif, dan bantuan administrasi sekolah berdampak positif peserta didik yang ditandai dengan meningkatnya motivasi dan minat belajar peserta didik, meningkatnya kemampuan literasi dan numerasi, serta meningkatnya kualitas dalam proses pembelajaran.


Keywords


Peningkatan, Kualitas Pembelajaran, Kampus Mengajar

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara danRelevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol.3 No.3: 95–101.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol.4 No.1: 73-81.

Billy, S. (2018). Persiapan Siswa Kelas VI Menghadapi Ujian Sekolah Tingkat SD. Jurnal Abdimas Musi Charitas. Vol.2 No.1: 22-26.

Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research. Vol.4 No.3: 82-86.

Dewi, S., Jumini, S., & Adi, N. P. (2022) mplementasi Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Muridpada Mata Pelajaran IPA. JET: Journal of Education and Teaching. Vol.3 No.2: 247-262

Dinni, H. N. (2018) HOTS (Higher order thinking skills) Dan Kaitannya Dengan Literasi Matematika, PRISMA: Proseding Seminar Nasional Matematika.

Edu, A. L., Saiman, M., & Nasar, I. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. Vol.2 No.2 : 26-30

Feni, W. O., & Arvyaty. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Tk Darul Fallah Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol.1 No.2 : 142-148.

Isnaini, M., Puspita, A., Utami, L. S., & Damayanti, N. W. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 19 Mataram. ORBITA. Vol.4 No.1 : 1-8.

Kemendikbudristek. (2022), Buku Saku Mahasiswa Kampus Mengajar Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Sekolah Sasaran. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kemedikbudristek. (2022). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 4. Jakarta: Kemendikbudristek.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol.1 No.1: 141–157.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M, N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Vol.25 No.2: 284–304.

Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, Vol.7 No.2: 122–127.

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Audiovisual Berbantuan Power Point Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3 No.4: 1587–1593.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melaluiKampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal PendidikanKe-SD-An. Vol.16 No.2: 102-107.

Yuherman, Y., Nugroho, W., & Sunarsi, D. (2021). Dampak Kebijakan MBKM PadaKesiapan Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Fakultas Hukum Usahid Jakarta. MORALITY : Jurnal Ilmu Hukum. Vol.7 No.2: 222-244




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1865-1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.