PENINGKATAN VOCABULARY SISWA MENGGUNAKAN WHISPERING GAME

Syaefani Arif Romadhon, Iin Indrayanti, Mutiarawati Mutiarawati, Hana Yulinda Fithriyani

Abstract


Guna peningkatan vocabulary siswa SMK Pusponegoro 01 Brebes maka  dilaksanakan PKM pada Rabu, 14 Desember 2022 pukul 09.00-11.00 dengan menggunakan metode Whispering Game. Subjek berasal dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Kegiatan ini untuk memenuhi Tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan di lingkungan sekolah menengah kejuruan/vokasi. Hasil dari pelaksanaan PKM ini menunjukkan siswa lebih memahami dan mengingat beberapa kata maupun kalimat yang diberikan saat pelaksanaan proses pembelajaran. Antusiasme belajar siswa juga tinggi. Materi yang dibahas juga seputar aktivitas keseharian siswa jadi familiar dengan para siswa. Guru dapat langsung memperbaiki kesalahan kata atau kalimat yang disampaikan oleh siswa saat menebak kata atau kalimat yang dimaksud sekaligus hal ini dapat memperbaiki cara berkomunikasi siswa.

 


Keywords


kosakata, game berbisik, mendengarkan

Full Text:

PDF

References


Aniswatun Latifah, et all. 2022. The Impact of Chinese Whisper Game towards EFL Young Learners’ Vocabulary Master Journal of Advanced Multidisciplinary Research 3(2). p.79-92

Hidayah et all. 2018. Improving The Speaking Skill of Grade VII Students of SMP N 1 Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta in the Academic Year of 2017/2018 Through Whispering Game. English Language Teaching Journal. 7(4). p.237-240

Pasaribu, R. O. 2020. The Effect of Using Chinese Whispers Game on Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Liner (Language Intelligence and Educational Research), 3(3), p.170-183

Sari Delima Sihaloho et al. 2017. The Effectiveness of Whispering Game to Students’ Vocabulary Mastery. Journal Anglo-Saxon. 8(1). p.17-23




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.790-794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.