WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (BANGUN RUANG) PADA KOMUNITAS EKSTRAKURIKULER OLIMPIADE MATEMATIKA
Abstract
Masalah yang terjadi saat ini adalah tidak adanya media pembelajaran bangun ruang yang dimiliki oleh komunitas ekstrakurikuler matematika, sementara komunitas ekstrakurikuler olimpiade matematika ingin membuat media pembelajaran itu sendiri dan mampu memperagakannya, namun memiliki kendala dalam hal teknis pembuatan dan cara memperaragakannnya. Sehingga, tim pengabdi berupaya untuk memfasilitasi pembuatan media pembelajaran bangun ruang tersebut dan membimbing cara memperagakannya. Tujuan pengabdian masyarakat dilaksanakan, antara lain: (1) membimbing siswa membuat media pembelajaran bangun ruang, sebagai karya komunitas ekstrakurikuler olimpiade matematika, (2) meningkatkan kreatifitas peserta dalam memperagakan media pembelajaran bangun ruang. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahapan, yakni: (1) pra pelaksanaan kegiatan, merumuskan masalah dan solusinya; (2) pendampingan komunitas ektrakurikuler olimpiade matematika; dan (3) monitoring dan evaluasi pada saat dan setelah pendampingan. Instrumen evaluasi keberhasilan berupa angket untuk memeriksa keberhasilan pemecahan masalah. Kegiatan ini melibatkan 36 peserta dan 6 orang dari tim pengabdi. Hasil workshop menunjukkan sebesar 86,1% peserta atau 31 dari 36 peserta mampu membuat dan memperagakan media pembelajaran dengan baik. Kegiatan workshop serupa perlu dilaksanakan dengan konsep yang berbeda untuk menambah koleksi karya komunitas ekstrakurikuler matematika.
Full Text:
PDFReferences
Aalto, E., Tarnanen, M., & Heikkinen, H. L. T. (2019). Constructing a pedagogical practice across disciplines in pre-service teacher education. Teaching and Teacher Education, 85, 69–80. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.06.006
Abubakar, W. (2016). Analytical ProblemSolving Skills at Social Arithmetic in Project Based Learning in Grade 3 Smp Islam Athirah Bukit Baruga. Jurnal Daya Matematis. https://doi.org/10.26858/jds.v4i3.2930
Ahmadi, F., & Wijayanti, D. M. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 17.
Andriana, A., Tambe, M. N., & Saleh, S. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Office, 1(2), 173–179.
Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. www.geogebra.com.
Aswinda, A., Siraj, A., & Saprin, S. (2019). Effect of Principal Supervision on Teacher Pedagogic Competencies. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 95–100.
Budi, O., Prawoto, P., Sulaiman, R., Savitri, D., Fardah, D. K., Matematika, J., Surabaya, U. N., & Kunci, K. (2019). Pelatihan Pendamping Olimpiade Matematika SMP Kabupaten Tulungagung. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 21–24. https://doi.org/10.26740/JA.V5N1.P21-24
Darwis, M., Amelia, D., & Arhas, S. (2019). The Influence of Teaching Variations on Student Learning Motivation at State Vocational High School 4 Makassar. International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019).
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. In Gaya Media.
Deswita, H., & Lubis, A. (2019). Workshop Pendampingan Kurikulum 2013 Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran bagi Guru-Guru Sd dan SMP Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 3(2), 102–107. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i2.1138
Farapatana, E., Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.755
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. In Konsep pembelajaran.
Komala Sari, F., Syazali, M., & Raden Intan Lampung, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7, Issue 2).
Kuriloff, P., Jordan, W., Sutherland, D., & Ponnock, A. (2019). Teacher preparation and performance in high-needs urban schools: What matters to teachers. Teaching and Teacher Education, 83, 54–63. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.001
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Mauliddin, M. (2018). Pelatihan olimpiade matematika pada guru matematika Madrasah Ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55–62. https://doi.org/10.20414/TRANSFORMASI.V14I1.575
Mulyadi, S. (2011). Peran Psikologi Dalam Penanaman Nilai-nilai. Prosiding Seminar Fakultas Psikologi.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 05(01), 48–64. Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra. (n.d.).
Rahmatika, K. D., Prasetyo, T., & Wulandari, R. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), Article 2. https://www.unida.ac.id/ojs/skripsiunida/article/view/1665
Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Rohati, R., Pasaribu, F. T., & Kumalasari, D. (2019). PKM Pengayaan Materi Olimpiade Matematika untuk Guru SD Al Fath dan SD Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(4), 870. https://doi.org/10.24114/JPKM.V24I4.12402
Rohim, M. F., & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, 5(1), 80. https://doi.org/10.29408/JEL.V5I1.1047
Rubhan Masykur. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika.
Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 43–52.
Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3259
Shidik, M. A., Felisima Tae, L., Putu, N., & Dewi, Y. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Program Articulate Storyline bagi Guru SMP. 5(6), 3007–3015. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5392
Siregar, T. J. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Siswa SMP Swasta Namira Islamic School Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–13. https://doi.org/10.32696/AJPKM.V1I1.9
Sutrisno (2018). Pembelajaran matematika Menggunakan Model Pembelajaran Resource based learning. Dalam ejurnal.ikippgrismg.ac.id/index.php/aksioma/article/download/.../69Rbl diakses tanggal 14 November 2022.
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform.
Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Opportunity-to- learn context-based tasks provided by mathematics textbooks. Educational Studies in Mathematics, 89(1), 41–65. https://doi.org/10.1007/S10649-015-9595- 1/TABLES/9
Wijayanti, R., Hasan, B. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.
Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67–75. https://doi.org/10.23917/WARTA.V22I2.8619
Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nurgoho, G. K. (2011). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.
Z, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1696-1706
Refbacks
- There are currently no refbacks.