PENDAMPINGAN PENULISAN RISALAH ILMIAH BERBASIS PENELITIAN KEPUSTAKAAN BAGI MAHASANTRI MA'HAD ALY SYEKH IBRAHIM AL-JAMBI

Muhammad Qodri, Mustar Mustar

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penyusunan risalah ilmiah berbasis penelitian kepustakaan bagi Mahasantri Ma'had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi. dengan cara  mendampingi mahasantri dalam memahami kelemahan-kelemahan yang dimiliki dalam menulis risalah ilmiah, membangun kesadaran untuk meningkatkan kompetensi menulis risalah ilmiah, menyusun strategi penyusunan risalah ilmiah; dan cara menyusun risalah ilmiah yang tepat. Metode pengabdian ini dilakukan melalui tahapan 1) Pemetaan dan identifikasi masalah yang dihadapi Mahasantri terkait penulisan risalah ilmiah 2) Analisis masalah yang dihadapi Mahasantri dalam menulis risalah ilmiah 3) Program pendampingan penulisan risalah ilmiah, dan praktek penulisan risalah ilmiah. 4) pendampingan dalam penyusunan buku pedoman penulisan risalah ilmiah. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa : 1) pendampingan yang dilakukan di Ma’had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi merupakan pendampingan yang menggunakan pendekatan action research. Kegiatan tersebut focus pada isu kompetensi mahasantri dalam menulis risalah ilmiah. Hasil analisis kesulitan mahasantri menulis risalah ilmiah melahirkan dua strategi dampingan yaitu pendampingan penulisan risalah ilmiah yang di dalamnya memuat terkait teknik penentuan isu dan teknik penulisan risalah ilmiah., dan pendampingan penyusunan pedoman risalah ilmiah. 2) Kendala yang dihadapi mahasantri dalam menulis risalah ilmiah antara lain pemahaman  terhadap metodologi penelitian masih relatif rendah, kesulitan dalam menentukan isu risalah ilmiah, serta belum adanya buku pedoman yang baku dalam penulisan risalah ilmiah di Ma'had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi. 3) Indikator keberhasilan pendampingan yang telah dilakukan adalah, pertama, mahasantri mengetahui teknik penulisan risalah ilmiah sesuai ketentuan teknik penulisan, kedua, mahasantri mampu menulis risalah ilmiah dalam bentuk proposal penelitian. ketiga, pedoman penulisan risalah ilmiah yang telah disusun dan siap untuk diterbitkan. Kontribusi dari pengabdian ini adalah  adanya rancangan draf  buku pedoman penulisan risalah ilmiah yang siap untuk diterbitkan.


Keywords


Risalah Ilmiah, Penelitian Kepustakaan, Mahasantri Ma'had Aly

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2017). Modul Riset Transformatif. Jakarta: Dwiputra Pustaka Jaya.

Amin Haedari, (2008). Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah, Jakarta : Diva Pustaka.

Benjamin-Thomas, T. E., Corrado, A. M., McGrath, C., Rudman, D. L., & Hand, C. (2018). Working Towards the Promise of Participatory Action Research: Learning From Ageing Research Exemplars. International Journal of Qualitative Methods, 17(1), 1–13

Cain, T. (2014). The Sage handbook of action research: participative inquiry and practice. In International Journal of Research & Method in Education (Vol. 37, Issue 4)

Depag RI, (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

M.Ishom El Saha, (2007). Genealogi Ulama Melayu Nusantara, dalam Khazanah Pemikiran Ulama Melayu, Jurnal Dialog, Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, No.64, Tahun XXX, November.

Moh. Nazir, (2008). Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sulthon Masyhud, (2003). Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta : Diva Pustaka.

Umi Chulsum dan Windy Novia. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Surabaya: Kashiko

Wahyuddin, W. )2016). Kontribusi Pondok Pesantren Terhadap NKRI. Saintifika Islammica : Jurnal Kajian Keislaman 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.655-667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.