PENGGUNAAN MEDIA TANGRAM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDK YASWARI NIKI-NIKI III

Maria Naimnule, Hendrika Bete, Cecilia Novianti Salsinha, Dominifridus Bone

Abstract


Mata pelajaran matematika diajarkan di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT). Salah satu tantangan dalam pembelajaran matematika adalah bagaimana seorang pengajar dapat memberikan pemahaman yang baik agar siswa/mahasiswa tersebut dapat mengerti apa yang dijelaskan, sehingga tidak muncul kesan yang negatif saat belajar matematika. Pada SDK Yaswari Niki-niki III masih banyak kesulitan yang ditemui dalam penguasaan siswa terhadap materi geometri. Salah satunya adalah karena kurangnya penggunaan media atau alat peraga yang dapat membantu siswa memahami konsep geometri sehingga materi yang disampaikan bersifat abstrak dan menimbulkan kejenuhan bagi sebagian besar siswa. Kegiatan pendampingan ini ditujukan untuk mengenalkan Permainan Tangram  sebagai alat bantu pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SDK Yaswari Niki-niki III sehingga siswa/i mampu memahami konsep matematika dalam materi bangun datar dan meningkatkan kreativitas dan siswa-siswi dalam mempelajari konsep Geometri. Hal ini terlihat dari keterlibatan siswa/i yang begitu kreatif dalam pembelajaran yang ditantang untuk menggabungkan, membagi dan mengatur ulang potongan-potongan tangram yang sudah diacak oleh tim pengabdi. Hal ini dapat dibuktikan juga dari hasil pretest dan posttest meningkat yakni kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan media tangram dengan rata-ratanya adalah adalah dari 38,57 % meningkat menjadi 63,33%.

Keywords


Permainan Tangram, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Horn. 2003. Penerapan Matematika Realistik Pada Sekolah Dasar dan Madrasah, Dep. Agama Medan.

Irawan, J. N. R., Priyatama, A. N., & Fitriani, A. 2020. Permainan Tangram Terhadap Berfikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 12 No. 1, 37–50.

Nasisah, N. D., Oyon H. P., & Muhammad, R. M. W. 2022. Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Vol. 5 No. 2

Nugrahani, R. (2019). Pengaruh bermain kreatif tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Seling : Jurnal Program Studi PGRA, Vol. 5 No 1, 30–38

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD, Vol. 1 No 2, 131–136.

Triharso, A. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset

Usiskin, Z.1982. Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. (Final report of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School Geometry Project.) Chicago: University of Chicago.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1035-1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.