OPTIMALISASI PEMANFAATAN KINEMASTER DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN TEKNOLOGI MASYARAKAT PENDIDIK

Sari Mubaroh, Linda Fujiyanti, Muhammad Setya Pratama, Mutrinitami Tamzil, Tirza Rosari, Nur Risqinawati, Selvi Diana, Ratri Isnaini

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan membantu mitra yakni SDN 29 Sungailiat, dan SD-SMP Islam SMART Pangkalpinang dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknologi para pendidiknya. Berdasarkan survei yang dilakukan, terdapat dua permasalahan yang dialami oleh mitra. Pertama, kurangnya pemahaman pendidik akan pentingnya berinovasi dan berkreatif menggunakan media pembelajaran dalam kelas. Kedua, pendidik membutuhkan peningkatan keterampilan serta pengetahuan teknologi dalam pengembangan bahan ajar yang menarik seperti video pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, solusi yang diberikan dari tim pengabdi yakni sosialisasi pemanfaatan ICT dalam proses belajar mengajar dan pelatihan serta pendampingan pembuatan video pembelajaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari terhitung tanggal 13-15 Oktober 2022. Terdapat 25 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Hari pertama, peserta diberikan sosialisasi serta pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi KineMaster. Sedangkan hari kedua dan ketiga, tim pengabdi melakukan pendampingan secara individu kepada peserta hingga berhasil membuat video pembelajarannya. Kegiatan PkM ini dapat dikatakan berhasil dikarenakan persepsi pendidik terhadap seosialisasi pemanfaatan ICT dalam proses belajar mengajar sangat bagus. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai 87% pada rerata penilaian seluruh indikator kuesioner. Selain itu keberhasilan ini juga didukung dengan keterampilan pendidik pasca pelatihan yang sangat baik. Ini ditunjukkan oleh hasil kuesioner terkait keterampilan membuat video pembelajaran dengan nilai 90,7%

Keywords


pelatihan, KineMaster, ICT, video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/JTP.V22I1.15286

Kholisho, Y. N., Desi, B., Arianti, D., & Wirasasmita, R. H. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Bagi Guru SD untuk Menghadapi Era Industri 4. 0. 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/TEMATIK.V7I1.369

Majid, N. A., Majid, N. A., & Fuada, S. (2020). E-Learning for Society: A Great Potential to Implement Education for All (EFA) Movement in Indonesia. International Association of Online Engineering. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11363

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129. https://doi.org/10.31605/IJES.V3I2.955

Mubaroh, S., Fujiyanti, L., & Pratiwi, I. R. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Dan Sarana Literasi Digital Guru. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.31940/BP.V6I2.2006

Octavianty, R., Hikma, R. S., Iwan, M., & Muzawwir, M. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. 1(1), 280–286.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 165–176. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I0.121

Wardhani, K., Sugiyanto, R., Santoso, A. B., & Geografi, J. (2012). Penerapan E-Learning Geografi Melalui Media Berbasis Web (Facebook). Edu Geography, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/925




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.555-567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.