PENYULUHAN BAHAYA GADGET BAGI KESEHATAN MATA TERHADAP ANAK-ANAK DI SD N 2 LANGKAPURA

Nurul Aryastuti, Rohman Daka, Nuke Indrawati, Desy Fatmawaty, Fadilah Amanda Sari, Yolandha Adinda Pratiwi, Nova Muhani, Dina Dwi Nuryani

Abstract


Kesehatan mata sangat penting karena pengelihatan tidak dapat digantikan dengan apapun. Di Indonesia prevalensi gangguan kesehatan mata terus mengalami peningkatan sebanyak 1,5% dan tertinggi jika dibandingkan dengan negara di Asia. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan  edukasi  tentang  bahaya penggunaan gadget terhadap kesehatan mata pada anak-anak. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah pre-test, presentasi, diskusi, tanya jawab, dan post-test. Kelompok sasarannya yaitu siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test didapatkan hasil nilai thitung dan ttabelsikap (0,594 < 2,018) disimpulkan bahwa HO diterima dan Ha ditolak. Sehingga tidak ada perbedaan rata-rata antara sikap pre test dengan post test. Pada nilai t hitung pengetahuan yaitu (3,090 > 2,018) disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan rata-rata antara pengetahuan pre test dengan post test yang artinya ada pengaruh pnyuluhan bahaya gadget bagi anak-anak terhadap kesehatan mata. Pengetahuan merupakan faktor predisposing yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Dengan adanya pengetahuan yang baik, diharapkan ada perubahan perilaku yang positif seperti mampu mengelola waktu ketika bermain gadget dan membatasi durasi penggunaan gadget.



Keywords


gadget, smartphone, penyuluhan, kesehatan mata

Full Text:

PDF

References


Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Penyuluhan Penggunaan Gadget Yang Bijak Dan Aman. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111. Retrieved from https://prosidingonline.iik.ac.id/index.php/senias/article/download/106/104

Bayu, ardiansyah. (2011). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), hlm. 132. 12. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 12–44. Retrieved from http://repository.radenfatah.ac.id/7051/2/Skripsi BAB II.pdf

Belajar, M., Di, S., Kristen, S. D., & Bangsa, C. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap, 37–41.

Dewi, R., & Rachmaniar, R. (2017). Balita dan Gawai (Sebuah Studi Komparasi Antara Balita yang Memiliki Gawai Pribadi dengan Balita yang Menggunakan Gawai Orang Tuanya). Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3136

Dina, A. (2019). Pengaruh Unsafe Action (Tindakan Tidak Aman) Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Ketajaman Penglihatan Siswa Sekolah Dasar Islam Tunas Harapan Semarang. Journal Information, 10, 1–16. Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/19107/9/bab1_18462.pdf

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Analisis Pelaksanaan Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN Junrejo 01 Batu, (20), 1–7. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/37266/2/jiptummpp-gdl-arifwahidi-50869-2-babi.pdf

Faruq, A. Al, Azizah, D. N., & Setiaji, B. (2020). Pengaruh lensa antiradiasi untuk meminimalisir kerusakan mata selama pembelajaran daring.

Fauziah, A. A. (2022). Kebijakan Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Di Kabupaten Bone.

KYBERNOLOGY : Journal of Government Studies, 2(1), 79. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kybernology

Haryati. (2012). Katalog Dalam Terbitan Prosiding Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Meningkatkan Nilai Tambah Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Editor Haryati Penata Letak & Desain Cover

One Indraretnani. Balai Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BPPKI) Bandung Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BPPKI) Bandung Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI, (1).

Hidaytullah, J. dan. (2022). Pola Penggunaan Gadget Pada Mahasiswa Optometr, XVI, 352–359.

Karina, R., Rosniar, S. R., Lim, R., Sinaga, J. W., & Aboagye, O. E. (2021). Penyuluhan Bahaya Penggunaan Gadget Terhadap Anak, 3, 219–228. Retrieved from 5921-134-8022-1-10-20210917.pdf

Kayyis, R., Nihayati, & Khoiriyah, S. (2020). Penyuluhan Dampak Gawai Pada Anak Melalui Program Orang Tua Sadar Gawai. Logista Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 323–329. Retrieved from http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/508/206

Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan Pemahaman Anak Melalui Edukasi Dampak Penggunaan Gawai Berlebih. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 264–272. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2027

Novitasari, A., Martiningsih, Wahyu, R., Devi, F., & S, G. (2019). Skrining Refraksi Anak Sekolah Dasar di SD Hj . Isriati Baiturrahman 1 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus, vol 2, 113–118.

Rahmawati, S. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 6-18 Tahun, 1–12. Retrieved from http://digilib.unisayogya.ac.id/

Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273

Umed. (2557). Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi HP dan Kebiasaan Menonton TV Terhadap Minat Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 4(1), 88–100. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/26388/1/9. NIM 7133341014 BAB I.pdf

Wandini, R., Novikasari, L., & Kurnia, M. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mata Anak Di Sekolah Dasar Al Azhar I Bandar Lampung. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 810–819. https://doi.org/10.33024/manuju.v2i4.3049

Yuni Sugiarti, Y. S. (2013). Peranan Teknologi Internet Dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Teknodik, 145–154. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.97




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.586-596

Refbacks