PELATIHAN PEMETAAN POTENSI SISWA BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCE BAGI GURU BK

Nor Mita Ika Saputri, Harun Arrasyd, Erlina Harahap, Husniah Ramadhani Pulungan

Abstract


Pelatihan pemetaan potensi siswa berbasis multiple intelligence bagi guru BK sekolah Muhammadiyah di Kota Padang Sidempuan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru khususnya guru bimbingan konseling atau konselor siswa untuk dapat meningkatkan potensi dan prestasi siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai Maret 2022. Pelatihan ini memuat kegiatan psikoedukasi, FGD dan pendampingan. Berdasarkan hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) mitra memahami bagaimana mengadministrasikan instrument multiple intelligence; 2) mitra sudah mampu melakukan analisis terhadap instrument MI; 3) mitra sudah mampu memberikan interpretasi terhadap instrumen MI; 4) mitra mampu menerapkan hasil interpretasi MI terhadap pembelajaran di kelas, pemetaan potensi, minat bakat dan penjurusan serta mengarahkan profesi atau karir yang tepat sesuai dengan potensi siswa.


Keywords


multiple intellegence; BK; Potensi siswa

Full Text:

PDF

References


Dedi Supriadi. 2005. Membangun Bangsa melalui Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mel Silberman. 2009. Active learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Paul Suparno. 2007. Teori Kecerdasan Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligence Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2278-2283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.