SOSIALISASI DEGRADASI MORAL GENERASI MUDA DI SMAN 4 KOTA SUKABUMI

Hesri Mintawati, Akhmad Zaenal Abidin, Giri Vebrianti, Nur Rita Handayani, Kohar Pradesa

Abstract


Kriminalitas remaja bersumber dari kemerosotan moral. ketika kenakalan remaja berdampak pada gangguan keamanan dan ketertiban dan pelakunya menghadapi konsekuensi hukum. Karena pada akhirnya akan berhadapan dengan hukum, remaja yang mengalami kemerosotan moral akan mengalami kesulitan untuk menjadi dewasa. Menurut data kasus kriminalitas di Indonesia, kenakalan remaja merupakan masalah besar yang terus meningkat; oleh karena itu, memerlukan perhatian. Pada tahun 2018, jumlah kenakalan remaja akibat degradasi moral mencapai 10.549, menurut data BPS. Oleh karena itu, diperlukan teknik penelitian dengan survei kualitatif, observasi, dan wawancara langsung dengan kepala sekolah untuk mengumpulkan data primer. tindakan yang tepat yang harus diambil bekerja sama dengan pemerintah daerah (Kapolres, Bupati, Walikota )


Keywords


Degradation, juvenile, delinquency

Full Text:

PDF

References


Alia, S., Resma, N., Nurali, R., & Hamara, H. (2020). Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 84–89.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Indriani, E. (2019). MODERNISASI DAN DEGRADASI MORAL REMAJA (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan). UIN Raden Intan Lampung.

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Marufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral sebagai Dampak Kejahatan Siber pada Generasi Millenial di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201.

Muthohar, S. (2013). Antisipasi Degradasi Mora Di Era Globalisasi. Semarang: IAIN Walisongo. Jurnal Pendidikan Islam, 7.

Nasution, A. Y., & Jazuli, M. (2020). Menangkal degradasi moral di era digital bagi kalangan millenial. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 79–84.

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–152.

Rahayu, M. S. (2019). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Strategy to Build Young Generation Characters of Ethics Pancasila In The Humanity In The Perspective of Integr. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304.

Rahmawati, N. K. D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). Layanan Bimbingan KElompok untuk Mencegah Degradasi Moral Remaja. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 134–144.

Rahmi, A., & Januar, J. (2019). Pengokohan Fungsi Keluarga Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Degradasi Moral Pada Remaja. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 62–68.

Sari, D. N. (2019). Upaya Preventif Guru Kristen dalam Menghadapi Degradasi Moral Anak. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 79–100.

Sembiring, N. (2018). Mengatasi Degradasi Moral Melalui Pembinaan Warga Gereja. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 22–42.

Sukardi, R. (2017). Pendidikan Nilai; Mengatasi Degradasi Moral Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2).

Sumantri, E. (2014). Generasi dan Generasi Muda. Generasi Dan Generasi Muda, 1–35.

Yanuar Herlambang, S.Sn., ACA. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Tematik, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.38204/tematik.v2i1.66




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.532-542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.