PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PERANAN LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN BUKAN BANK DI DI DESA MEKARMAJU KECAMATAN PASIRJAMBU KABUPATEN BANDUNG

Farhana Farhana, Hamdan Azhar Siregar

Abstract


Tujuan penyuluhan peranan Lembaga Keuangan Bank dan bukan Bank adalah agar masyarakat dapat memahami peranan perbankan dan bukan Bank dan juga perbedaan kedua Lembaga tersebut karena lembaga keuangan mempunyai peran yang sangat strategis sebagai wadah menghimpun dan menyalurkan dana secara efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu peranan lembaga keuangan bank dan bukan bank berbeda, tetapi kedua Lembaga keuangan tersebut memberi kontribusi bagi perekonomian negara. Jadi masyarakat perlu memahami hal tersebut. Metode pelaksanaan yaitu narasumber dalam hal ini Dosen menyampaikan materi dan dilakukan melalui pendekatan problem solving melalui diskusi dan tanyajawab. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Sasaran kegiatan ini  yaitu masyarakat dan dihadiri oleh 21 orang. Desa Mekarmaju. Hasil penyuluhan ini bahwa masyarakat memberikan respon yang positif, dengan semangat dan antusias masyarakat bertanya yang melihatkan ketertarikan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam tentang Lembaga keuangan dan implementasinya.


Keywords


Peningkatan, Pengetahuan, Masyarakat, Lembaga Keuangan

Full Text:

PDF

References


Gumartifa, Asti. 2022. “Sosialisasi Peningkatan Pendapatan Ekonomi Rumah Tangga Melalui E-Commerce Pada Masa Pandemi Di Kecamatan Plaju Ulu.” 5: 1328–32.

Sihombing, Isra Rafika, . Irsad, and Ahmad Albar Tanjung. 2021. “Analysis of the Effect of Macro Economic Indicators and Dow Jones Index on IDX Composite in Indonesia Stock Exchange.” International Journal of Research and Review 8(9): 294–310.

Wityasari, Meryta, and Irene Rini Demi Pangestuti. 2014. “Analisis Pengaruh Pihak Dana Ketiga (DPK), NPL, Dan LDR Terhadap Profitabilitas Perbankan Dengan LDR Sebagai Variabel Intervening.” Diponegoro Journal of Management 1(1): 1–14.

Wiwoho, Jamal. 2014. “Peran Lembaga Keuangan Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank Dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat.” Peran Lembaga Keuangan Bank Dan Lembaga Keuangan Bukan Bank Dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat 43(1): 87–97.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1771-1776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.