BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN GREEN ECONOMY DAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

Laras Pratiwi, Selvy Isnaeni, Suci Putri Lestari, Nudiya Syahidurrohim

Abstract


Masalah mengenai lingkungan hidup di saat ini menjadi sangat beragam. Polusi udara, perubahan iklim, populasi yang berlebihan, penipisan sumber daya alam, limbah perusahaan, kepunahan keanekaragaman hayati, deforestasi hutan, pengasaman laut, penipisan lapidan ozon, hujan asam dan rekayasa genetika menjadi permasalahan yang harus difikirkan oleh berbagai pihak sehingga memberikan solusi. Green economy merupakan sebuah konsep terkini yang menggabungkan peningkatan aspek ekonomi dengan tidak mengesampingkan kelestarian lingkungan. Desa Tanjungjaya merupakan salah satu daerah di Kabupaten Tasikmalaya yang mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk (1)mensosialisasikan konsep green economy dan green accounting, (2)mensosialisasikan potensi pasar dan nilai ekonomi dari budidaya tanaman hidroponik, serta (3)memperkenalkan budidaya tanaman hidroponik kepada masyarakat desa sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari kepala desa, ketua pemuda, dan masyarakat Desa Tanjungjaya. Pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kesimpulan dari hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya kemandirian masyarakat untuk membudidayakan tanaman hidroponik. Budidaya tanaman hidroponik mampu menciptakan peluang usaha bagi masyarakat dan juga dapat meningkatkan kualitas oksigen lingkungan hidup sehingga memberikan solusi atas kelestarian lingkungan hidup.


Keywords


Green Economy, Budidaya Hidroponik

Full Text:

PDF

References


Chairia, Ginting, J. V., Ramles, P., & Ginting, F. (Juni 2022). IMPLEMENTASI GREEN ACCOUNTING (AKUNTANSI LINGKUNGAN) DI INDONESIA: STUDI LITERATUR. FINANCIAL: Jurnal Akuntansi Vol.8 No.1, 40-49.

Giat. (2019, Oktober 15). MASALAHLINGKUNGANHIDUP DIINDONESIA DANDUNIA SAATINI. Retrieved from https://dlh.bulelengkab.go.id/:

https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/masalah-lingkungan-hidup-di-indonesia-dan-dunia-saat-ini-15

Suartana, I. (2010). Akuntansi Lingkungan dan Tripple Bottom Line Accounting : Paradigma Baru Akuntansi Bernilai Tambah. Jurnal Bumi Lestari Vol.10 No.1, 105-




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.463-468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.