PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN SEDERHANA PADA UMKM “REZA LAUNDRY”

Linda Ayu Oktoriza, Diana Puspitasari

Abstract


Pemahaman terhadap pembukuan menjadi tolok ukur utama dalam pengelolaan keuangan suatu usaha yang berkelanjutan. Pengelolaan keuangan yang tepat merupakan aspek utama dan keberlanjutan usaha karena Pengelolaan keuangan yang tepat dapat membantu pemilik dan pelaku usaha untuk mengetahui tingkat keuntungan yang sesusngguhnya. Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan edukasi dan pelatihan pembukuan sederhana dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan yang baik bagi pelaku usaha agar tertib administrasi dan dapat menghitung tingkat keuntungan yang sesungguhnya didapatkan. Pelaksanaan kegiatan berjalan tertib dan lancar ditandai dengan antusiasme peserta kegiatan dari awal kegiatan hingga akhir pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berjalan dengan tertib dan lancar. Ditandai dengan antusiasme peserta kegiatan dari awal kegiatan hingga akhir pelaksanaan. Diawali dengan edukasi terkait pentingnya pembukuan sederhana, manfaat pembukuan, pentingnya pemisahan keuangan rumah tangga dengan  usaha. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pengelolaan keuangan  dengan pelatihan pembuatan pembukuan sederhana. Peserta kegiatan merespon dengan diskusi interaktif dan peningkatan pemahaman mereka dalam pelatihan pembukuan sederhana dalam rangka mewujudkan tata kelola keuangan yang baik bagi pelaku usaha agar lebih memahami manfaat pengelolaan keuangan melalui pencatatan pembukuan agar dapat menghitung tingkat keuntungan yang sesungguhnya. Edukasi dan pelatihan pengelolaan keuangan memiliki peran yang signifikan terhadap perkembangan usaha.


Keywords


Pembukuan, Pemisahan Keuangan, Pengelolaan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Dharma, F., Agustina, Y. and Windah, A. (2021) ‘Penerapan Manajemen Keuangan dan Digital Marketing pada Pelaku Usaha Rengginang di Desa Kunjir ( The Implementation of Financial Management and Digital Marketing to Rengginang Business entrepreneurs in Kunjir Village )’, 1(1), pp. 11–19.

Made, N. et al. (2022) ‘Pelatihan pengelolaan laporan keuangan sederhana bagi umkm the sleepy jon gianyar bali’, 2(1), pp. 118–123.

Putra, Z. and Maulidasari, C. D. (2019) ‘RESONA PKM Pengelolaan Keuangan Desa Secara Profesional Menuju Desa yang Kuat dan Mandiri ( Sasaran Program : Aparatur Pemerintah Gampong dalam Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh )’, 2(1), pp. 1–11.

Qudus, N. et al. (2017) ‘PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN TENANT DALAM MENGELOLA KEUANGAN USAHANYA PADA PROGRAM’, pp. 19–21.

Raharjo, K. et al. (2022) ‘PEMANFAATAN FINANCIAL TECHNOLOGY DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN’, pp. 67–77.

Ratnasari, S. L. et al. (2021) ‘PKM MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA PADA IBU-IBU DI’, 1(1), pp. 35–40.

Siahainenia, A. J. D. and Si, M. (2020) ‘JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT JAMAK (MANAJEMEN & AKUNTANSI) Vol 03. No. 01, Juni 2020’, 03(01), pp. 197–216.

Siamto, W. et al. (2020) ‘PELATIHAN PEMAHAMAN PENTINGNYA PENGELOLAAN’, 2(1), pp. 123–132.

Yulianto, A. R. et al. (2021) ‘PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI UMKM “ KELOMPOK BINAAN HANDAYANI CATERING “ DITENGAH COVID 19’, 4(1), pp. 60–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.449-455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.