PEMANFAATAN JERAMI, SEKAM PADI, SAMPAH RUMAH TANGGA DAN KOTORAN HEWAN UNTUK PEMBUATAN PUPUK BOKASHI DENGAN FERMENTASI ANAEROB

Farid Mulana, Azwar Azwar, Sofyana Sofyana, Cut Delsie Hasrina

Abstract


Sektor pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Salah satu faktor yang menjadi perhatian khusus adalah bagaimana meningkatkan produktivitas tanaman tanpa merusak lingkungan. Penggunaan pupuk kimia secara berlebihan akan mengganggu keseimbangan ekosistem, dan lama kelamaan tanah akan menjadi tandus. Saat ini penggunaan pupuk kimia oleh petani telah melebihi dosis yang dianjurkan, sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem tanah. Akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, mikroorganisme pengurai seperti zat rensik dan cacing tanah perlahan punah. Pemanfaatan jerami padi dan kotoran ternak (kotoran hewan) merupakan salah satu alternatif yang sangat tepat untuk mengatasi hal di atas. Untuk menghindari penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, salah satu alternatifnya adalah dengan mengubah limbah pertanian dan peternakan menjadi pupuk organik (bokashi). Hingga saat ini limbah pertanian seperti jerami padi dan kotoran sapi telah tersedia dalam jumlah yang sangat banyak namun belum dimanfaatkan secara optimal. Mitra usaha utama dalam program kegiatan pengabdian ini adalah Kelompok Tani Makmur Jaya, Desa Dilib Lamteungoh, Kecamatan Sukamakmur, dan Kabupaten Aceh Besar. Kelompok usaha ini terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri yang dibentuk pada tahun 2020, saat pandemi COVID-19 masih melanda nusantara. Kelompok tani yang hanya berjarak 17 km dari Kampus Universitas Syiah Kuala (USK) ini memanfaatkan lahan kosong di area sebelah balai desa untuk bercocok tanam berbagai tanaman dan sayuran yang hasilnya dijual kepada warga dan/atau ke pasar Sibreh/Samahani.


Keywords


Alat pencacah, pupuk bokashi, pakan ternak, jerami, sekam padi dan kotoran hewan.

Full Text:

PDF

References


Anonymous. 2020. Kecamatan Sukamakmur Dalam Angka, BPS Aceh Besar.

Arief Budiman. 2018. Anugerah dan Berkah yang Belum Terjamah, UGM Press

Hadisuwito. 2007. Membuat Kompos. PT. Agromedia Pustak,. Jakarta

Wisarirana, Darsono, 2004, Sosiologi Pedesaan, Malang, UMM Press.

Yunus, S., Nurdianawaty, D. 2022. Pelatihan Pembuatan Pupuk Bokashi Pada Kelompok Tani Di Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1523-15-30.

Fiska, Y.P, Mega, M., Maulana, M., Nirmala, J., Desty A. 2022. Penyuluhan pembuatan pupuk kompos dari limbah organik rumah tangga menggunakan metode bokashi di kelurahan kedanyang. Dedikasimu (journal of community service), 4 (2), 249-256.

Novia G., Elsie, Israwati H., Nofripa H., Yeeri B. 2017. Pemanfaatan Limbah Organik Rumah Tangga dalam Pembuatan Pupuk Bokashi di Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Jurnal Untuk Mu negeRI, 1(1), 72-77.

Riska B., Riski M., Ahmas S.A.M. 2022. Pengadaan Tong Sampah Organik dan Anorganik di Kelurahan Indro Kecamatan Kebomas Gresik. Jurnal DedikasiMU. 4(1), 101-107.

Septiani, M., Nurohmah, A., Khumaira, F., Rohmah, A., Dewi, S., Faizah, N., & Azizi, U. I. 2021. Pemberdayaan Masyarakat dengan Pemanfaatan Limbah Daun Sebagai Pupuk Bokashi. Indonesian Journal of Cumunity Service (IJOCS), 1(1), 201–208.

Shanti, R., & Nirmala, R. 2018. Respon Tiga Varietas Ubi Kayu (Manihot esculenta. L) Terhadap Pemupukan di Kutai Timur. Jurnal Pertanian Terpadu, 6(1), 46–58.

Shitophyta, L. M., Amelia, S., & Jamilatun, S. 2021. Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dari Sampah Organik Di Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo, Kasihan, Yogyakarta. Community Develompment Journal, 2(1), 136–140.

Sucipto, S., Andriyanto, T., Nadliroh, K., Bhima P, A., Indrajaya, D., & Mustofa, M. A. 2019. Pelatihan Pengemasan Dan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Kompos: Desa Pusharang. Jurnal Terapan Abdimas, 4(1), 13.

Dianagari, R., & Anggraini, I. N. 2019. Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik (Bokashi) Dari Kotoran Hewan Ternak Desa Picisan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.574-585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.