PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGGIAT PARIWISATA DI KARAWANG TENTANG PENGELOLAAN DESTINASI WISATA BERBASIS KOMUNITAS

Rastri Kusumaningrum, Firdaus Yuni Dharta, Lina Aryani

Abstract


Pengembangan pariwisata berbasis komunitas di suatu daerah mulai menjadi titik sentral dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan perwujudan program pariwisata berkelanjutan. Penerapan konsep community based tourism (CBT) di Karawang masih berada pada tingkat keberhasilan yang rendah. Berdasarkan observasi lapangan, terjadi perbedaan pemahaman antara Pemerintah daerah dan para penggiat pariwisata di Karawang dengan konsep CBT itu sendiri. Pihak pemerintah menyerahkan sepenuhnya pengelolaan destinasi wisata kepada masyarakat, dan para penggiat pariwisata masih beranggapan perlunya keterlibatan pemerintah dalam pengelolaan pariwisata. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mewadahi proses komunikasi dan juga memberikan pemahaman yang tepat mengenai konsep CBT yang tepat dengan peran masing-masing pihak. Pariwisata merupakan sektor kompleks yang membutuhkan keterlibatan berbagai pihak dalam pengembangannya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta mendapatkan pengetahuan tentang konsep CBT sehingga terbentuk wawasan baru mengenai pengelolaan wisata berbasis komunitas dan tercipta harmonisasi dalam keterlibatan semua pihak penggiat pariwisata.


Keywords


pariwisata berbasis komunitas; pariwisata karawang; pengelolaan pariwisata; penggiat pariwisata; pemberdayaan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., Novianti, E., & Khadijah, U.L.S. (2021). Implementasi Pariwisata Berbasis Masyarakat di Desa Wisata Mangove Sari Kabupaten Brebes. Media Bina Ilmiah 15(10), 5537-5549.

Asy’ari, R., Dienaputra, R.D., Nugraha, A., Tahir, R., Rakhman, C.U., & Putra, R.R. (2021). Kajian Konsep Ekowisata Berbasis Masyarakat Dalam Menunjang Pengembangan Pariwisata: Sebuah Studi Literatur. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya 6(1), 9-19.

Budiani, S.R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., Partama, H.S., Mulandari, H., Iskandar, H.T.N., Alphabettika, M., Maharani, N., Febriani, R.F., & Kusmiati, Y. (2018). Analisa Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia 32(2), 170-176.

Dharta, F.Y., Kusumaningrum, R., Chaerudin. (2021). Penguatan Strategi Komunikasi Pada Pengelola Destinasi Wisata di Kabupaten Karawang. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2), 134-144.

Giampiccoli, A., Kalis, J. H. (2012). Community-based Tourism and Local Culture: the case of the amaMpondo. PASOS.

Pakpahan, R. (2018). Implementasi Prinsip Pariwisata Berbasis Komunitas Di Desa Wisata Nglinggo Yogyakarta. JUMPA 5(1), 129-146.

Prakoso, A.A., & Pravita, V.D. (2018). Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Komunitas pada Desa Nelayan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Proceeding Seminar dan Call For Paper 2018 STIE Widya Wiwaha, 137-145.

Pramala, I.I. (2018). Peran Institusi Pendidikan Tinggi Dalam Pengembangan Kapasitas Komunitas Desa Cibuntu Dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Komunitas. Jurnal Administrasi Pendidikan 25(2), 275-293.

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018) Pengembangan Pariwisata Berbasis Komunitas. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 1(3), 155-165.

Sinaga, K., Nasution, M.A., Dewi, A.T. (2021). Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi, dan Pelayanan Publik 8(1), 79-90.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3479-3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.