IMPLEMENTASI METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS) UNTUK STIMULASI CALISTUNG BAGI SISWA SD ISLAM TERPADU AL-FURQON PALANGKA RAYA

Rospala Hanisah Yukti Sari, Amelia Dwi Astuti, Lailatul Fithriyah Azzakiyah

Abstract


Calistung merupakan singkatan dari membaca, menulis dan berhitung. Calistung adalah sebuah tahapan dasar dalam upaya mengenali huruf dan angka. Berdasarkan analisis observasi tentang permasalahan yang terjadi di mitra yaitu: (l) Sebagian siswa masih memerlukan upaya pengenalan mengenal huruf dan angka; (2) siswa masih memerlukan upaya yang lebih agar dapat membaca huruf alphabet dan angka dengan baik dan benar; dan (3) pembelajaran calistung cenderung bisa membuat sebagian anak kurang nyaman. Adapun salah satu solusi untuk menyelesaikan problematika tersebut adalah dengan mengimplementasikan metode Calistung yang menyenangkan yaitu Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis). Metode SAS diimplementasikan dalam aktivitas pengajaran membaca pada tahap permulaan di sekolah dasar dimana metode ini ditampilkan dalam struktur kalimat secara utuh, hingga kemudian dianalisis menjadi bagian kata, suku kata dan huruf. Dalam metode pembelajar SAS (Struktural Analitik Sintetik ) ada tahapan yang harus dilakukan yaitu: a) Mengubah kalimat menjadi kata-kata, b) Mengubah kata menjadi suku-suku kata, dan c) Mengubah suku-suku kata menjadi huruf-huruf. Implementasi kegiatan Pengabdian Masyarakat yaitu: (a) Observasi awal. (b) Pembukaan kegiatan. (c) Pre Test (d) Pelaksanaan kegiatan. ( e) Pemberian tugas. (f) Evaluasi. (g) Pemberian Donasi. (h) Publikasi. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah: (1) Pelaksanakan kegiatan dilakukan dengan lancar; (2) Guru serta siswa cukup antusias mengikuti pelatihan tersebut; (3) Perkenalan dan kegiatan pelatihan Metode SAS yang memberi wawasan baru untuk guru dan siswa di SDIT Al-Furqon Palangka Raya.


Keywords


Calistung, Sekolah Dasar, Kelas Rendah, Metode SAS

Full Text:

PDF

References


Aida, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 3 (1), 56-63.

Antari, dkk. (2019). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 171-181. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD.

Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung). Jurnal Penelitian STAIN Pekalongan. 10(1), hlm. 1 – 18.

Iswara, dkk. (2013). Studi Tentang Kegiatan Bernyanyi pada Pembelajaran "Calistung" untuk Anak Usia Dini Di TK Sekolah Alam Bandung. 1(3).

Kurniasih & Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Ma’ruf, E. N. & Syamsudin, A. (2022). Perspektif Orang Tua terhadap Pelaksanaan Les Calistung di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1), 434-444. DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.935.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram. Sanabil Publishing.

Musfiroh, T. (2015). Calistung dan Mental Hectic. Di akses dari https://www.tadkiroatun.education/calistung-dini-dan-mental-hectic.

Puspita, L dkk. (2000). Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing Siswa Kelas V SD. Tesis (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supriyadi, dkk. (1992). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Universitas Terbuka, 35.

Wulansuci, G., & Kurniati, E. (2019). Pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1).

Yessi, A. & Wijayanti. (2016). Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitting) Sebagai Upaya Pemberantasan Buta Aksara Warga Dusun Setro Desa Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Jurnal E- DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.387-398

Refbacks