EDUKASI JAJANAN SEHAT KEPADA SISWA SD DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL

Yusni Atifah, Afifatul Achyar, Rijal Satria, Violita Violita, Helsa Rahmatika, Jalilah Azizah

Abstract


Anak usia sekolah memerlukan asupan energi dan zat gizi untuk mendukung pertumbuhan dan juga prestasi belajar anak di sekolah. Salah satu sumber asupan energi dan zat gizi bagi anak sekolah bersumber dari pangan jajanan. Anak usia sekolah sebagai generasi penerus bangsa merupakan investasi bagi suatu bangsa. Kualitas anak-anak pada masa sekarang akan menentukan kualitas suatu negara di masa depan. Edukasi keamanan pangan jajanan perlu dilakukan sejak dini secara sistematis dan juga berkelanjutan sebagai salah satu upaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pemberian nutrisi yang berkualitas, sehat dan sesuai dengan kuantitas yang seharusnya penting untuk menunjang pertumbuhan perkembangan anak usia sekolah agar optimal. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi kepada siswa SD untuk meningkatkan pengetahuan terkait keamanan pangan jajanan dan mengetahui arti simbol-simbol pada bungkus jajanan. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022, dan diikuti oleh 206 peserta dari kelas 3 dan 6 SDN 02 Payakumbuh. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa terhadap keamananan jajanan dan memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi simbol-simbol pada bungkus jajanan. Kesimpulan untuk kegiatan ini sudah efektif dilaksanakan dan dapat mengedukasi siswa SD dalam  mengetahui keamanan pangan jajanan.


Keywords


Edukasi, Jajanan Sehat, Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Briawan D. Perubahan pengetahuan, sikap, dan praktik jajanan anak sekolah dasar peserta program edukasi pangan jajanan. J. Gizi Pangan. 2016; 11 (3):201-210

Fitriani NL, Andriyani S. Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) Tentang Makanan Jajanan Di Sd Negeri Ii Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun. FPOK-UPI. 2015.

Purwani E, Muwakhidah M. Tentang Makanan Jajanan Sehat Dan Gizi Seimbang Dengan Sukoharjo. WARTA LPM. 2016 ; 19(2): 105- 109.

Wahyuningsih NP, Nadhiroh SR, Adriani M. Media Pendidikan Gizi Nutrition Card Berpengaruh. Media Gizi Indonesia. 2015 ; 10(1) : 26–31.

Wariyah C, Hartati S, Dewi D. Penggunaan Pengawet Dan Pemanis Buatan Pada Pangan Jajanan Anak Sekolah ( Pjas ) Di Wilayah Kabupaten Kulon Progo-Diy Province. Agritech. 2013 ; 33(2) : 146–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.213-217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.