PERANAN MAHASISWA KKN DALAM PENINGKATAN AKTIFITAS KEPEMUDAAN DI DESA LAMU KABUPATEN GORONTALO

Herinda Mardin, Nur Mustaqimah, Hapsawati Taan

Abstract


Setiap aktifitas mahasiswa di lokasi KKN merupakan wujud bakti dan pengabdian kepada masyarakat sehingga melalui program KKN mahasiswa memiliki peranan dalam bidang apapun yang dibutuhkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa sasaran. Untuk itu, pelaksanaan kegiatan KKN yang kami lakukan bertujuan untuk meningkatkan aktifitas kepemudaan di desa sasaran yang berlokasi di desa Lamu kecamatan Batudaa Pantai kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Ada 4 (Empat) program kegiatan tambahan yang merupakan aktifitas kepemudaan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN yaitu kegiatan olahraga, kegiatan keagamaan, kegiatan bakti sosial dan pembangunan tugu batas dusun dan batas  desa Lamu Kabupaten Gorontalo. Langkah-langkah dalam pelaksanaan aktifitas kepemudaan ini adalah 1) Observasi dan wawancara; 2) Analisis kebutuhan kegiatan kepemudaan; 3) Kerjasama dengan aparat desa dan Karang taruna; 4) Pembentukan panitia; 5) Pembuatan instrument pelaksanaan kegiatan kepemudaan; 6) Pelaksanaan kegiatan kepemudaan; 7) Penutupan kegiatan kepemudaan. Peranan mahasiswa KKN dalam hal peningkatan aktifitas kepemudaan berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat respon yang sangat positif. Hal ini terlihat dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa Lamu karena semua program kegiatan tambahan yang merupakan aktifitas kepemudaan berhasil terlaksana dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran aktif pemerintah desa, stakeholder, karang taruna, masyarakat khususnya generasi muda desa Lamu yang ikut perpartisipasi dalam menyukseskan terselenggaranya kegiatan kepemudaan di desa Lamu.

Keywords


Aktifitas Kepemudaan; Desa Lamu; Mahasiswa KKN

Full Text:

PDF

References


Awaludin, W. A. C., Bilad, A. I., & Sobarudin, A. N. (2021). Menumbuhkan Rasa Solidaritas Masyarakat Desa Cipulus di Masa Pandemi Covid–19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(57), 97-105.

Baunsele, A. B. (2022). Peranan Mahasiswa KKN Dalam Penguatan Literasi di SDK Yaswari Benlutu. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). 1-11.

Coolturnesia. (2019). Tradisi Walima Untuk Memperingati Maulid Nabi di Gorontalo. https://coolturnesia.com/coolturnesia/berita/detail/tradisi-walima-untuk-memperingati-maulid-nabi-di-gorontalo.

Dewi, S., Nasution, A. N. H., Lubis, R., & Ismahani, S. (2022). Peran Mahasiswa KKN dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 230-239.

Fathurrohman, F. M. (2021). Peran Pemerintah Desa Dalam Menumbuhkan Budayagotong Royong Melalui Kegiatan Jumat Bersih (Studi Kasus di Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Gulam, A., & Muksin, N. N. (2021, October). Program Olahraga Bersama Dalam Mencegah Penularan dan Penyebaran Covid-19 di Pondok Pesantren Nuu Waar Al-Fatih Kaaffah Nusantara Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1). 243-248.

Harahap, J. S., Chairunnisa, F., Ajiba, S. N. A. M. N., & Khadijah, K. (2022). Peranan Mahasiswa KKN Sebagai Penggerak Dalam Meningkatan Nilai Keagamaan Melalui Program SIBASIR (Saung Literasi Bagi Anak Kawasan Pesisir) di Desa Rugemuk. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8), 2753-2763.

Hariana, H., Mardin, H., & Lasalewo, T. (2021). Peranan Mahasiswa KKN Dalam Melaksakanan Kegiatan Tambahan di Lokasi Pengabdian Desa Botuwombato. Jurnal Abdimas Terapan, 1(1). 10-16.

Lasalewo, T., Mardin, H., & Hariana, H. (2022). Edukasi Pola Hidup Sehat dan Bersih di SDN 6 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 30-35.

Mardin, H., Hariana, H., & Lasalewo, T. (2022). Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Peserta Didik SMP Negeri 4 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(1), 9-15.

Nugraha, M., Rahsidin, D., & Fitriyanti, A. N. (2018). Peranan Mahasiswa Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang Produktif. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85-91.

Patuti, A., & Rahmat, R. (2020). Pelaksanaan Program Pendekatan Keagamaan melalui KKN STIBA Makassar di Desa Baruga Kabupaten Maros. WAHATUL MUJTAMA': Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 185-199.

Pramono, R., & Nainggolan, R. (2015). Model Sinergi Perguruan Tinggi dan Perusahaan Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kecamatan Mauk Tangerang. Prosiding: Sinergi Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha untuk Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan : Ekonomi, Sosial dan Budaya, Universitas Multimedia Nusantara, ISBN 978-602-8944-19-9. 212.

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 4(2). 327-331.

Setiawan R., Anwar, Burhanudin. (2019). Peran Karang Taruna Dalam Meningkatkan Aktivitas Kepemudaan di Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, 7(2) : 661-674

Setiawati, R. D., Robiansyah, F., & Darmawan, D. (2022). Implementasi Program Jumat Bersih Dalam Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SD Madani. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 55-72.

Susanto, E. (2020). Pengaruh Kegiatan AHAT (Jumat Bersih dan Sehat) Terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Disiplin di SDN Kebundadap Timur I. (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2473-2483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.