PENGUATAN KULTUR SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MIS MUHAMMADIYAH PARAMBAMBE
Abstract
Dalam beberapa kasus sekolah yang memiliki mutu yang baik dan efektif disebut sekolah unggulan. Untuk menuju sekolah yang bermutu dan unggul maka dilakukan beberapa tindakan. Dimulai dari hal dasar yang tercermin pada visi dan misi sekolah, struktur sekolah, tata tertib, perangkat pembelajaran dan fasilitas sekolah. Dari hal dasar seperti inilah pengembangan sekolah dapat dikembangkan sehingga menjadi sekolah yang bermutu dan unggulan. Praktek ini bisa lebih cepat terealisasi menerapkan langkah ini dengan baik dan benar jika selalu melakukan inovasi dan mencari pembaharuan baru dalam upaya mewujudkan sekolah yang bermutu dan unggul. sekolah pengabdian ini dilakukan di sekolah MIS Muhammadiyah Parambambe dengan tujuan untuk menjawab: 1) Penguatan kultur sekolah, 2) Pembentukan karakter siswa, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat disiplin siswa, 4) Apa strategi kepala sekolah dalam membentuk karakter dan displin siswa dan memberikan manfaat manfaat esensial untuk sekolah dan terkhusus kepada siswa siswi MIS Muhammadiyah Parambambe.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansori, Y. Z. (2019). Mewujudkan Kultur Sekolah Berkarakter Melalui Kepemimpinan Berbasis Nilai. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 87–93. https://doi.org/10.31949/jee.v2i1.1489
Hudi Pratama, B. (2020). Peranan Upacara Bendera Hari Senin Terhadap Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Smp. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 103. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship
Ilmu, F., Universitas, P., & Semarang, P. (n.d.). PENDIDIKAN RAMAH ANAK Wiwik Kusdaryani , Iin Purnamasari , dan Aries Tika Damayani STRENGTHENING THE SCHOOL CULTURE TO REALIZE THE CHILD-FRIENDLY EDUCATION. 125–133.
Qosim, N., & Fatimah, N. (2020). Kultur Sekolah Sebagai Aplikasi Pendidikan Karakter. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 6(2), 193–200. https://www.ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/363
Rolan, R. (2020). Membangun Karakter Sekolah Bermutu Melalui Komunikasi Yang Efektif. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6).
https://doi.org/10.36312/jupe.v5i6.1393
Sobri, M., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. 6(1), 61–71.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3444-3450
Refbacks
- There are currently no refbacks.