DIGITALISASI DOKUMEN PERTANAHAN DESA BERBASIS WEBGIS DI DESA SUKOREJO KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG

Alfi Sahrina, Purwanto Purwanto, Fatiya Rosyida, Devy Prasetyono, Ivan Sulistio, Ciptaningrat Erdi Pamungkas

Abstract


Abstrak Desa Sukorejo merupakan desa yang berada di Kecamatan Gondanglegi. Desa ini memiliki lanskap yang datar. Desa memiliki dokumen berupa dokumen tanah salah satunya yang berbentuk 2 dimensi. Tentunya dokumen tersebut dapat di digitalkan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan bantuan perangkat lunak. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk melakukan pendigitalan dokumen tanah Desa Sukorejo Kecamatan Gedangan. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini dengan melihat dokumen tanah yang ada di desa, selanjutnya di digitalisasi, dan di jadikan bentuk Webgis. Hasil yang di dapatkan yaitu dokumen yang ada di Desa Sukorejo memiliki 14 area blok persil tanah di Desa Sukorejo yang terbagi dalam 25 lembar peta dengan skala 1:1000. Peta persil tanah yang ada di Desa Sukorejo berbentuk analog/cetak dengan ukuran kertas A3. Sedangkan Kegiatan pemetaan batas administrasi dilakukan dengan teknik digitation on screen untuk menentukan batas berdasarkan citra foto udara. Selanjutnya area blok tersebut dilakukan pendigitalan dengan menggunakan ArcGis. Hasil yang didaptkan berupa vector yang nantinya dihubungkan untuk membuat peta digital tanah berbasis WebGis. Sistem Informasi ini disusun untuk membantu pelayanan administrasi pertanahan di desa agar lebih mudah, cepat dan efisien. Memiliki fitur pencarian bidang tanah berdasarkan nomor objek pajak. Menunjukan lokasi spasial, letak blok tanah sesuai SPPT PBB, dan letak blok tanah sesuai letter C sehingga mempermudah pelayanan administrasi permohonan kutipan letter C.

Keywords


digitalisasi, dokumen pertanahan, desa, webgis

Full Text:

PDF

References


Alvaro R & Octavia E. 2019. Desa Digital: Potensi dan Tantangannya. Buletin APBN Vol. IV. Ed. 08, Mei 2019, 8-11

Hardianto A S, Swastanto G A, & Sustanugraha D. 2021. Pengambangan Sistem Informasi Desa Berbasis WebGIS (Studi Kasus Desa Singosaren, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul). Seminar Nasional Geomatika. DOI: 10.24895/sng.2020.0-0.1146

Hotimah, K. (2019). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Pemerintah Desa (Studi Kasus: Desa Dukuwaluh, Kecamtan Kembaran, Kabupaten Banyumas) (Doctoral dissertation, ITN Malang).

Layli, D. A. 2020. Kutipan Buku Letter C Sebagai Alat Bukti Kepemilikan Hak Atas Tanah. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Universitas Negeri Jember Fakultas Hukum

Permendagri No. 47 tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa

Rahman, L. (2019). Sistem Informasi Geografis Tanah Bersertifikat Pada Desa Suluk Berbasis Website. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 37-44).

Rahmawati, N. M., Cahyono, A., Shofia, S., & Sakinah, A. T. N. (2021). Digitalisasi Registrasi Pertahanan kelurahan Karangbesuki Melalui Aplikasi Buku Resistrasi Kelurahan (Letter C) Berbasis Website. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(3), 186-193.

Republik Indonesia. 2020. Rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024

Sudarsono, N., & Muslim, A. A. (2018). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Blok Tanah Bersertifikat Dan Kepemilikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Di Desa Gunungsari Tasikmalaya. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i12.4299-4306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.