PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN TUGAS KADER POSYANDU ((Kasus di Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung)

Sri Sulastri, Meilanny Budiarti Santoso, Arie Surya Gutama

Abstract


Media digital, seperti halaman web dan media sosial banyak digunakan untuk berbagi informasi, termasuk informasi kesehatan. Informasi dari sumber terpercaya dapat mengedukasi penggunanya. Kader kesehatan yang mengelola Pos Pelayanan Terpadu dapat memanfaatkan informasi di media digital untuk kebutuhan informasi bagi dirinya dan kelompok sasaran pelayanannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media digital kepada Kader Kesehatan melalui metode pendidikan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini sedikitnya 20 peserta terpapar informasi tentang manfaat media digital, dan dua peserta terampil mengakses informasi di media sosial dan berbagi informasi melalui media percakapan. Beberapa kader lainnya sudah mulai membentuk grup WhatsApp dengan anggota kelompok sasarannya dan berbagi informasi tentang imunisasi. Terbentuknya grup WhatsApp mendapat respon positif dari para anggotanya. Kader yang terampil dalam mengakses informasi di media digital dapat berperan sebagai pencari informasi yang dibutuhkan oleh seluruh kader kesehatan, dan kader lainnya dapat meminta informasi yang mereka butuhkan.


Keywords


media digital; literasi digital; informasi kesehatan; pemanfaatan media digital, kader posyandu

Full Text:

PDF

References


Chrisnawati; Subarjo; Anggraini, S. Maratning, A. 2022. “Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) DPT-HiB di Puskesmas Asam-Asam Tahun 2021”. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), Volume 7 No. 1. Halaman 1-6.

Dinas Kesehatan Salatiga. Membentuk Kekebalan Kelompok Melalui Vaksinasi. https://dinkes.salatiga.go.id/membentuk-kekebalan-kelompok-melalui-vaksinasi/

Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan. Posyandu Bisa menghadapi Tantangan Zaman Era Digital dan Modernisasi.

https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/posyandu-bisa-menghadapi-tantangan-zaman-era-digital-dan-modernisasi.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2022. Petunjuk Teknis Bulan Imunisasi Anak Nasional. Jakarta: Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI.

Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2022. Buku Saku Kuliah Kerja Nyata Literasi Digital: Kolaborasi dan Sinergi Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan Bekerjasama Dengan Perguruan Tinggi dan Pandu Digital.

Gehlert, S. 2006. “Theories of Health Behavior” dalam Gehler, S. & Brownw, T.A. (Ed.) Handbook of Health Social Work. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Son, Inc.

Humas Jabar. 2022. Wagub Jabar: Kader Posyandu Harus Paham Dunia Digital. jabarprov.go.id/berita/wagub-jabar-kader-posyandu-harus-paham-dunia-digital-6468

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Apa itu Herd Immunity (Kekebalan Kelompok)?. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/uncategorized/apa-itu-herd-immunity-kekebalan-kelompok

Putro, F.H.A. 2020. “Komunikasi Berbasis Digital Sebagai Penyampaian informasi Kesehatan di Posyandu Melati”. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Volume 1, No. 08, Halaman 154-158.

Sari, M.P., Izzah A.Z., Harmen A.P. 2018. “Gambaran Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi pada Anak yang Mendapatkan Imunisasi Difteri Pertusis dan Tetanus di Puskesmas Seberang Padang Kota Padang”. Jurnal Kesehatan Andalas, Volume 7. No. 3, Halaman 352-357.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2142-2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.