PELATIHAN PEMBUATAN.ALAT.PERMAINAN.EDUKATIF. (APE) ECOBRICK PADA.GURU.PAUD.DI JAILOLO, HALMEHERA.BARAT

Nurfitri Sahidun, Haryati Haryati, Puji Dwi Rahayu, Puji Dwi Rahayu, Nurhaeria Nurhaeria, Wardah A. Fader

Abstract


Fokus dari kegian pengabdian ini yaitu membuat media bermain edukatif (APE) dikhususkan bagi para guru PAUD di Jailolo, Halmahera Barat. Pengabdian ini dilakukan dua hari yakni tanggal 30 Mei dan 31 Mei 2022. Dari  survei awal tim pengabdi pada  mitra pngabdian ditemukan masalah yakni  kebanyakan para guru belum dapat  menciptakan alat permainan yang edukatif. Oleh karenanya tim Pengabdi memberi pelatihan membuat media bermain yang  edukatif (APE) yang dinamai APE Ecobrick. Metode yang dipergunakan pada pelatihan ini ialah  FGD (Focus Group Discucion) setelah itu  dilanjuti dengan desiminasi  dan penyuluhan  serta pelatihan dan Peragaan pembuatan APE. Hasil yang diperolehn setelah pengabdian ini ialah meningkatnya ketrampilan  para guru dalam menciptakan peralatan  bermain edukatif yang dinamai dengan  Alat Permainan Edukatif (APE) Ecobrick.


Keywords


Alat Bermain Edukatif (APE), Ecobrick

Full Text:

PDF

References


Adnyani, L. D. S., Utami, I. A. M. I., Suprianti, G. A. P., Pratiwi, N. P. A., & Wahyuni, L. G. E. (2019). Program Tabungan Ecobrick Desa Umeanyar. Senadimas, 446–454.

Akbar, Rengkung, M. M., & Warouw, F. (2014). Analisis Sistem Persampahan di Kota Ternate. Jurnal PWK Universitas Sam Ratulangi, 6(3), 351–362.

Fitriani, S., & Asih, H. M. (2019). Metode Full Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Produk Kreasi Sampah Ecobrick. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 6(1), 65–69. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi%0Ayang




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.169-173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.