PELATIHAN MANAJERIAL PENGELOLAAN BUMDES SE-KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG

Evi Priyanti, Kariena Febriantin, Rachmat Ramdhani, Neni Suwarni, Nabila Salsabila, Arif Baidillah

Abstract


Badan Usaha Milik Desa menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 1 ayat (6), Badan Usaha Milik Desa atau yang disingkat BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masarakat desa. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Karawang sejalan dengan Peraturan Bupati Karawang Nomor 51 Tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang mempunyai Badan Usaha Milik Desa sejumlah 14 BUMDes dimana dari jumlah tersebut terdapat 5 BUMDes yang tidak aktif. Dari 14 BUMDes di Kecamatan Jatisari terdapat 1 BUMDes yakni BUMDes Sejahtera di Desa Kalijati yang menjadi juara BUMDes dengan pengelolaan terbaik se-Kabupaten Karawang. Tujuan pengabdian masyarakat diharapkan dapat membangun keaktifan Badan Usaha Milik Desa dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Kecamatan Jatisari. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dilaksanakannya pelatihan manajerial pengelolaan BUMDes Se-Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang.


Keywords


BUMDes; Pengabdian Masyarakat; Pelatihan Manajerial

Full Text:

PDF

References


Nurcholis, Hanif, 2011. Pertumbuhan & Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Penerbit.Erlangga, Jakarta. h. 73.

Jabar.poskota.co.id. Inilah, BUMDes Terbaik di Kabupaten Karawang Tahun 2020. 13 Oktober 2020. https://jabar.poskota.co.id/pl ugin/article/view/1800/inilah- bumdes- terbaik- dikabupaten-karawang- tahun2020. Diakses pada 15 Maret 2021 pukul 13.51.

Anom Putra, Surya. 2015. Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa, (Jakarta : Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1049-1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.