PELATIHAN DESAIN SOAL LITERASI MATEMATIKA DENGAN INJEKSI COMPUTATIONAL THINKING UNTUK GURU MADRASAH DI SUMATERA BARAT

Lilis Harianti Hasibuan, Miftahul Jannah, Mohamad Syafii, Ilham Dangu Rianjaya

Abstract


Berdasarkan hasil PISA, pengetahuan dan kemampuan literasi matematika peserta didik masuk dalam kategori rendah. Pada tahun 2018, Indonesia berapa pada peringkat 63 dari 72 negara. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi matematika peserta didik yaitu dengan menyisipkan computational thinking pada proses pembelajaran. Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi adalah memberikan pelatihan kepada guru tentang bagaiman cara desain soal dengan injeksi computational thinking. Hal ini dikarenakan guru mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran dan terlibat langsung interaksi dengan siswa. Tujuan dalam kegiatan pelatihan ini agar setiap guru mempunyai bekal dan gambaran penerapan computational thinking dalam mata pelajaran matematika. Adapun hasil kegiatan pelatihan ini adalah guru mampu desain soal literasi matematika dengan injeksi computational thinking dan dapat diterapkan di kelas sebagai latihan soal sehingga mampu meningkatkan penalaran dan berpikir kritis siswa.


Keywords


computational thinking, literasi matematika, matematika, PISA

Full Text:

PDF

References


Ansori, Miksan. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah. Vol. 3 No. 1, Februari 2020.

Bower, M., Wood, L. N., Lai, J. W., Howe, C., Lister, R., Mason, R., Highfield, K., & Veal, J. (2017). Improving the Computational Thinking Pedagogical Capabilities of School Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 42(3).

Cheung Kong, Siu. (2019). Computatinal Thinking Education. Springer, Hongkong.

Daryanto dan Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). Keefektifan Pembelajaran MURDER Berpendekatan PMRI dengan Asesmen Kinerja Pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Jacob, S.R, and Warshauer, M. (2018). Computational Thinking and Literacy. Journal of Computer Science Integration, 1 (1).

Julianti, Nurma Haya, Puguh Darmawan, dan Dzurotul Mutimmah. (2022). Computational Thinking Dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022. Hal: 1-7.

Kori, Kulli, Laanpre, Mart. (2020). Informatics in Schools, Engaging Learners in Computational Thinking. 13th International Conference, ISSEP, Tallinn, Estonia, November 16-18. Proceedings.

Kuswidi, I. (2017). Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 133-144.

Mailund, T. (2021). Introduction to Computational Thinking: Problem Solving, Algorithms, Data Structures, and More. Apress Media, LLC,1 New York.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.

OECD, PISA. 2003. Assesment Framework. (Online).(http://www.oecd.org, diakses 5 Oktober 2021).

Papert, S. (1996). An exploration in the space of mathematics educations. International Journal of Computers for Mathematical Learning, 1(1), 95-123.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY (pp. 713-720).

Sarah Banks, Community Based Participatory Research A Guide to Ethical Principles and Practice, Center for Social Justice and Community Action, Durham University, UK. 2012, p. 6

Stacey, K., & Turner, R. (Eds.). (2014). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. Springer.

Settle, A., Franke, B., Hansen, R., Spaltro, F., Jurisson, C., Rennert-May, C., & Wildeman, B.m(2012, July). Infusing computational thinking into the middle-and high-school, curriculum. In Proceedings of the 17th ACM Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education (pp. 22-27). ACM

Umaschi B, Marina, (2021). Coding as a Playground, Programming and Computational Thinking in the Early Childhood Classroom, second edition, Routledge 52 Vanderbilt Avenue, New York.

Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.773-782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.