EDUKASI KOMPRES HANGAT DAUN KELOR SEBAGAI MANAGEMEN NON FARMAKOLOGI NYERI ASAM URAT

Maria Putri Sari Utami, Brigitta Ayu Dwi Susanti

Abstract


Nyeri adalah keluhan yang paling sering muncul pada penderita asam urat. Nyeri pada asam urat dilakukan pengelolaan dengan obat (farmakologi) dan tanpa pengobatan (non farmakologi). Cara managemen nyeri non farmakologi adalah dengan menggunakan kompres hangat yang dikombinasi dengan tanaman herbal, salah satunya addalah daun kelor. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan daun kelor untuk mengurangi nyeri asam urat. Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta. Metode kegiatan ini berupa pengukuran kadar asam urat, dan pemberian penyuluhan kesehatan. Dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa peserta dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 2 orang memiliki kadar asam urat tinggi, dan jenis kelamin perempuan sebanyak 5 orang memiliki kadar asam urat tinggi. Sebagai bentuk implementasi dari pengetahuan, dapat dilakukan kegiatan serupa berupa pelatihan penggunaan kompres hangat daun kelor pada penderita asam urat untuk mengurangi nyeri.


Keywords


asam urat, kompres hangat daun kelor, nyeri

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti (2017). Manajemen Nyeri Pada Lansia Dengan Pendekatan Non Farmakologi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2 (1):1-9

Berman, Snyder, Kozier, Erb, (2009).Buku Ajar Keperawatan Klinis Kozier & Erb. Edisi 5.Jakarta: EGC

Brunner & Suddarth.(2014). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah.EGC : Jakarta

Dinas kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2015). Profil Kesehatan Provinsi Jawa tengah Tahun 2015. Jawa Tengah:Dinkes Provinsi Jawa Tengah.

Hidayat, Uliyah,(2012), Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia, Jakarta: EGC.

Lestari, Indah. (2014). Terapi Kompres Jahe dan Massage Pada Osteoarthritis Sip Anti Wreda St. Theresia Dharma Bhakti Kasih Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Isma, Fauzi, (2014). Buku Pintar Deteksi Dini Gejala & Pengobatan, Asam urat Diabetes & Hipertensi, Jogjakarta: Araska

Jaliana, Suhadi, & La Ode, M. S. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Asam Urat Pada Usia 20-44 Tahun di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(2), 8.

Mardiana L., 2013. Daun Ajaib Tumpas Penyakit. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Nurarif, A. H & Kusuma, H. Asuhan Keperawatan Praktis NANDA NICNOC Edisi jilid 1, Medication Jogyakarta.

Perry dan Potter, (2009).Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep Proses dan Praktik, Volume 2 Edisi 4.Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Rofi R, Nyoman K, Deddy N. (2011). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Derajat Nyeri pada Penderita Artritis Gout Fase Akut. Berita Kedokteran Masyarakat, Vol 27. No.1. Hal 51-54.

Sani, A. W. (2013). Perbedaan efektifitas kompres hangat dan kompres dingin terhadap skala nyeri pada klien gout di Wilayah Kerja Puskesmas Batang III Kabupaten Batang. Skripsi

Smeltzer et al, (2008), Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, edisi 8 vol 3, EGC, Jakarta

Sudoyo A,W. 2019. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, jilid II, edisi V.Jakarta: Interna Publishing.

Sulistyawati dan Pratiwi P.Y. 2016. Pengaruh Pemberian Etanol Daun Kelor (Moringa Oleifera L) Terhadap Aktivitas Analgesik dan Antiinflamasi Melalui Ekspresi Enzim Siklooksigenase. Akademi Analisis Farmasi Makanan dan Minuman. Pharmaciana:Jurnal Kefarmasian.Vol.6, No.1

Syamsul, Eka Siswanto; Lestari, Dwi; Heldyana, Siti. Potensi Ekstrak Air Daun Pacar Cina (Aglaia Odorata) Sebagai Biolarvasida Terhadap Larva Aedes Aegypti. Prosiding Seminar Kimia, [S.L.], Apr. 2016. Available At:




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i9.3293-3298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.