SOSIALISASI PENCEGAHAN ANAK PUTUS SEKOLAH BAGI ANAK-ANAK PEMULUNG DI KAWASAN PERMUKIMAN HANDIL PALUNG TEMPAT PENGELOLAAN AKHIR BASIRIH KOTA BANJARMASIN

Cucu Widaty, Yuli Apriati

Abstract


Pendidikan merupakan hak dasar setiap anak, untuk itu sangat dibutuhkan jejaring atau mitra yang saling mendukung. Akan tetapi yang terjadi pada masyarakat kita saat ini tidak sejalan dengan cita-cita yang tercantum pada undang-undang tersebut. Komitmen tentang Pendidikan untuk seluruh masyarakat Indonesia tidak dapat terpenuhi sesuai harapan banyak pihak, karena masih banyak ditemukan anak-anak putus sekolah. Faktanya di lapangan anak-anak pemulung kurang mendapatkan pendidikan yang memadai. Banyak anak-anak yang putus sekolah dan bahkan tidak pernah mengikuti pendidikan apapun. Dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan mampu memberikan wawasan, pengetahuan dan termotivasi untuk terus bersekolah khususnya bagi anak-anak pemulung. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah bentuk sosialisasi melalui ceramah, memberikan motivasi melalui video yang disukai anak-anak, pemberian paket perlengkapan sekolah dan tanya jawab. Kegiatan dilaksanakan berupa sosialisasi dengan bentuk ceramah tentang apa yang telah ditayangkan di dalam video dengan memasukkan tentang sosialisasi pentingnya Pendidikan bagi masa depan mereka. Tim memaparkan, menjabarkan, dan menggambarkan tentang pentingnya pendidikan serta motivasi pendidikan bagi anak. Tim memaparkan materi pengertian pendidikan secara umum, materi hak anak dalam pendidikan, materi anak yang putus sekolah, materi penyebab anak putus sekolah, materi dampak anak putus sekolah, materi fungsi pendidikan bagi masa depan anak, materi mengenai info dan peluang beasiswa

Keywords


Pendidikan, Anak Putus Sekolah; Pemulung; Kota Banjarmasin

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. 2019. “PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA.” Buana Pengabdian 1 (2): 1–13.

Amir, Rudi, H M Ali Amri, and Fatmawati Gaffar. 2021. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga Untuk Mencegah Anak Putus Sekolah Di Desa Ujung Baji.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021 "Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19, 1100–1108.

DLH, B. 2020. “Profil TPA Basirih.” In . Banjarmasin.

Jefriyanto, Candra. 2019. “Pemulung Di Era Milenial (Studi Kasus Di Tpa Jamur Labu, Aceh Timur).” Jurnal Investasi Islam IV (1): 102–15.

Nuraeni, Lenny, and Fifiet Dwi Tresna Santana. 2015. “Persepsi, Pola Pengasuhan, Dan Peran Serta Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Pada Keluarga Pemulung Dikampung Cibatu Desa Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat).” P2M STKIP Siliwangi 2 (2): 160.

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p160-168.175.

Ranti, Kadek, Nengah Bawa Atmadja, and Luh Putu Sendratari. 2019. “Upaya Pencegahan Anak Putus Sekolah Di SMP Negeri 1 Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali.” E-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha 1 (1): 7–9.

Sutardji. 2009. “Karakteristik Demografi Dan Sosial Ekonomi Pemulung.” Geografi UNNES 6 no.02.

Tanu. 2019. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 2 (2): 19.

Taufik, Indra. 2015. “Persepsi Masyarakat Terhadap Pemulung Di Pemukiman TPA Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu.” Journal Sosiologi 1 (4): 85–95.

“Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Hak Asasi Manusia.” n.d. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7185/UU391999.htm.

Uriyalita, Fitroh, Jamali Syahrodi, and Sumanta. 2020. “Evaluasi Program Indonesia Pintar (Pip) Telaah Tentang Aksesibilitas, Pencegahan Dan Penanggulangan Anak Putus Sekolah Di Wilayah Urban Fringe Harjamukti, Cirebon.” Edum Journal 3 (2): 179–99. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i2.69.

Wahyu, Ramadhan. 2022. “Angka Putus Sekolah Tembus 24 Persen Di Banjarmasin.” Banjarmasin, Radar, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.256-264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.