PENINGKATAN MANAJEMEN USAHA MELALUI FINTECH DAN DIGITAL MARKETING PADA UKM BATIK TULIS GESEK GODHONG SEMARANG

Diana Puspitasari, Amalia Nur Chasanah, Mashita Fahmi Wardhani

Abstract


Kota Semarang memiliki satu UKM Batik yang unik dan berbeda dengan motif batik Semarangan yang selama ini telah ada dan berkembang luas, yaitu UKM Batik Tulis Gesek Godhong yang terletak di Kecamatan Candisari Semarang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan solusi atas permasalahan mitra yang dihadapi, pertama berkaitan dengan rendahnya pemahaman terkait dengan Perhitungan Harga Pokok Penjualan produk yang kurang tepat, sehingga tingkat keuntungan tidak bisa terdeteksi dengan baik, permasalahan yang kedua adalah rendahnya pemahaman fintech dan pemanfaatannya dalam pengelolaan keuangan, yang ketiga belum maksimalnya pemanfaatan aplikasi digital marketing dalam pengelolaan usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan dalam penghitungan harga pokok penjualan produk, penyuluhan fintech mulai dari pentingnya pemanfaatan fintech hingga jenis inovasi dari fintech, melakukan penyuluhan terkait digital marketing yang menarik dan lebih menjual, kegiatan diawalli dengan pre test untuk mengetahui tingkat pemahaman dasar materi penyuluhan. Sebagai tahap akhir tim pelaksana melakukan evaluasi dan monitoring tahap kegiatan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kegiatan masyarakat berjalan dengan lancar dan tetap menggunakan prokes dikarenakan covid 19 yang belum benar-benar berakhir. Respon peserta kegiatan sangat baik ditandai dengan antusiasme kedatangan dan partisipasi selama kegiatan berlangsung, mulai dari sesi pemaparan materi, hingga sesi diskusi sangat interaktif sekali. Adapun mitra memilliki pengetahuan untuk membuat serta menentukan harga pokok penjualan produk dengan tepat sehingga realisasi keuntungan dapat diketahui dengan baik, yang kedua mitra menjadi lebih paham dengan adanya fintech yang nyatanya memang memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan usahanya melalui akses dan pengelolaan usaha yang lebih terbuka. Sedangkan keterampilan dalam memanfaatkan digital marketing dapat meningkatkan daya saing usaha lebih baik lagi


Keywords


fintech, digital marketing, UKM

Full Text:

PDF

References


Herawati, N. T. et al. (2019) ‘Pemanfaatan Financial Technology Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Dan Kecil’, CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 179–186. doi: 10.31960/caradde.v2i2.281.

Kadafi, Muhammad Amin et al. (2020) ‘FinTech and MSMEs Continuity: Applied in Indonesia Buku Monograf View project Dio Caisar Darma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Samarinda, INDONESIA FinTech and MSMEs Continuity: Applied in Indonesia’, International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), pp. 4676–4685. Available at: https://www.researchgate.net/publication/342246983.

Mangeswuri Restu, dkk, D. and Prof. Carunia Mulya Firdausy Ph.D., APU, M. (2018) Industri Kreatif, Fintech dan UMKM dalam Era Digital. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

OJK (2017) Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI).

Probolinggo, K. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo , Kecamatan’, 1(2017), pp. 234–241.

Syam, F. dan M. M. (2016) ‘Analisis Perhitungan Harga Pokok Dengan Penerapan Metode Full Costing pada UMKM Kota Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(2), pp. 59–70.

Wardhana, A. (2015) ‘Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia’, In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, (April 2015), pp. 327–337.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.243-248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.