PEMERIKSAAN KESEHATAN ODGJ DAN EDUKASI TENTANG HIGIENE DAN DUKUNGAN SOSIAL DI PUSKESMAS SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA

Said Taufiq, Fitriani Agustina, Fitriani Agustina, M Jamil Fauzi, Sulaiman Sulaiman, Ismailinar Ismailinar

Abstract


Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) memerlukan kondisi fisik yang baik dan kebersihan diri yang optimal dukungan sosial dari keluarga untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kesehatan ODGJ baik fisik maupun mental serta meningkatkan pengetahuan keluarga tentang higine dan dukungan sosial untuk penyembuhan ODGJ di wilayah Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Khalayak sasaran Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mandiri dan anggota keluarga yang mendampingi ODGJ di wilayah Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Metode pelaksanaan dengan memberikn edukasi kepada keluarga dan pemeriksaan kesehatan pada ODGJ. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan pengetahuan khalayak sasaran tentang higiene dan kebersihan diri dan dukungan keluarga terhadap ODGJ. Dari pemeriksaan fisik diperleh hasil semua ODGJ sehat dan hanya terdapat sedikit keluhan. Hasil pemeriksaan kesehatan mental menunjukkan semua sasaran masih memiliki masalah mental.


Keywords


ODGJ, Edukasi, Higiene, Dukungan Sosial

Full Text:

PDF Untitled

References


Adventus, MRL., Jaya, IMM., Mahendra, D., (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. UKI. Jakarta.

Afconneri, Y, Puspita, WG., (2019). Faktor-Faktor Kualitas Hidup Pasien Skizofrenia. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (3).

Astuti, M., Murni, R., (2015). Rehabilitasi Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Mental Melalui Unit Informasi dan Layanan Sosial Rumah Kita. Jurnal Kementerian Sosial RI. Sosio Informa 1(3) https://ejournal.kemsos.go.id.

Bahari, K., Sunarno, I., Mudayatiningsih, S., (2017). Beban Keluarga Dalam Merawat Anggota Keluarga Dengan Gangguan Jiwa Berat. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 3 (1).

Balitbagkes, Kemkes. RI., (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta.

Info Datin. (2020). Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI. https: //pusdatin.kemkes.go.id/ resources/download/ pusdatin/infodatin/InfoDatin-Kesehatan-Jiwa.pdf

Iskandar, R. Putri, F, E., (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Personal Hygiene Pasien Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Wara Kota Palopo Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 7 (2).

Khamida, Muhith, A., Rizkya, DS., (2018). Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Orang Dengan Gangguan Jiwa. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, 8 (2).

Kompas, (2020). Hari Kesehatan Mental Sedunia: WHO Sebut 1 Miliar Orang Hidup Dengan Gangguan Jiwa. https://www.kompas.com

Mukhripah, D. (2008). Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan, PT. Refika Aditama. Bandung.

Nirwan, Tahlil, T., & Usman, S., (2016). Dukungan Keluarga Dalam Perawatan Pasien Gangguan Jiwa Dengan Pendekatan Health Promotion Model. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4 (2).

Puskesmas Syamtalira Bayu, (2021). Laporan Pelayanan Kesehatan Jiwa 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3781-3786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.