OPTIMALISASI HASIL PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERIPIK TEMPE DI KELURAHAN SINDANG SARI

Raka Putra Pridiptama, Diah Rahayu

Abstract


Permasalahan penentuan jumlah produksi di suatu perusahaan sering dihadapi oleh suatu perusahaan, tidak terkecuali UMKM. Faktor penyebabnya adalah jumlah barang yang diproduksi tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga terjadi penumpukan stok barang yang dapat mengakibatkan kerugian perusahaan. UMKM makanan ringan yang diambil dalam penelitian ini adalah UMKM Yovi Jaya. UMKM ini bergerak dalam bidang produksi makanan ringan keripik tempe. Tujuan penelitian untuk merencanakan mengetahui bentuk model kemudian mencari keuntungan maksimal dengan menggunakan sumber daya seminimal mungkin dengan menggunakan metode branch and bound. Dalam penelitian ini, diharapkan UMKM Yovi Jaya mampu mengambil keputusan pilihan kombinasi produk yang tepat dalam memproduksi keripik tempe dari hasil penelitian. Pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi LINGO, yaitu aplikasi sederhana untuk optimasi linear dan nonlinier. Pada UMKM keripik tempe Yovi Jaya diperoleh hasil produksi yang optimal, yaitu dengan memproduksi keripik tempe 100gr dan 200gr masing-masing sebanyak 26 bungkus dan 22 bungkus dengan keuntungan optimalnya sebesar 306.000 rupiah.

Keywords


Branch And Bound, Linear Programming, Keripik

Full Text:

PDF

References


Andarayani, T., & Sari, R. P. (2022). Optimalisasi Keuntungan pada Pabrik Tempe dengan Metode Grafik dan Metode Branch And Bound (Studi Kasus: Pabrik Tempe Rengasdengklok Pak Walim). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3366-3375.

Azzahrha, F. K., Sari, R. P., & Fauzi, M. D. R. (2021). Optimalisasi Produksi Tahu Menggunakan Metode Branch and Bound dan Cutting Plane. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 6(2), 175-184.

Budiasih, Y. (2013). Maksimalisasi Keuntungan Dengan pendekatan metode simpleks Kasus pada pabrik sosis SM. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 59-65.

Chandra, T. (2015). Penerapan algoritma simpleks dalam aplikasi penyelesaian masalah program linier. Jurnal Times, 4(1), 18-21.

Fathinatussakinah, A dkk. (2021). Penentuan Jumlah Produksi Kue Kering Menggunakan Metode Integer Programming (Studi Kasus Usaha Kue Kering Ibu Afung). Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 2(1).

Indrawati, I., Octarina, S., & Suwandi, N. (2012). Aplikasi Metode Simpleks pada Produksi Padi di Kabupaten Ogan Ilir Serta Analisis Kelayakan Produksi Secara Sensitivitas. Jurnal Penelitian Sains, 15(2).

Listian, D. P dkk. (2021). Implementasi Integer Programming dalam Mengoptimalkan Produksi Kopi Susu (Studi Kasus: Kopi Rekan). Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 2(2).

Muzakki, M. (2012). Optimalisasi Keuntungan Pada Perusahaan Keripik Balado Mahkota Dengan Metode Simpleks. Jurnal Matematika UNAND, 1(1), 10-16.

Nur Rahmattullaeli, F. (2021). Penerapan Metode Branch and Bound Untuk Mengoptimalkan Keuntungan pada Usaha Keripik Singkong Mama Azka (Doctoral dissertation, Matematika).

Pratiwi, Y. D., Hidayati, N., & Kurniawan, D. (2017). Optimasi Jumlah Produksi Tempe Di IKM Joko Podang Menggunakan Pendekatan Program Linear. Iteks, 9(2).

Putri, D. I. (2022). Optimasi Kebutuhan Gizi Bagi Ibu Hamil Anemia Menggunakan Metode Branch And Bound Dan Metode Cutting Plane (Studi Kasus: Poskeskel Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sari, M. L., Fitriyadi, F., & Rozany, B. A. (2015). Penerapan Metode Simpleks untuk Optimasi Produksi. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 11(1).

Suryanto, S., Nugroho, E. S., & Putra, R. A. K. (2019). Analisis optimasi keuntungan dalam produksi keripik daun singkong dengan linier programming melalui metode simpleks. Jurnal Manajemen, 11(2), 226-236.

Syafitri, D. N., Kamid, K., & Rarasati, N. (2021). Pengoptimalan Jumlah Produksi Roti Menggunakan Metode Branch and Bound. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 183-194.

Wulandari, D. (2021). Optimalisasi Keuntungan pada Perusahaan Keripik Sanjai Mintuo dengan Metode Branch and Bound (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.50-55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.