PELATIHAN ANALISIS BUTIR SOAL BAGI GURU DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Musa Marengke, Adrian Toraja, Aryanto Salmun

Abstract


Program PKM ini mengambil tema “pelatihan analisis butir soal bagi guru di kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pelatihan analisis butir soal di kalangan guru Ibtidaiyah dan Tsanawiyah di kabupaten Halmahera Utara ini adalah sebagai berikut: 1) ingin mengetahui pemahanan peserta pelatihan tentang konsep dan prosedur penyusunan soal, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan peserta mengenai analisis butir soal yang baik, 3)  membantu peserta pelatihan mengetahui kualitas butir soal yang telah dibuatnya. Metode pelatihan yang dipakai adalah: 1) metode ceramah, 2) metode tanya jawab/diskusi, 3)  metode Praktik. Berdasarkan hasil analisis terhadap pelatihan analisis butir maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kegiatan pelatihan analisis butir soal mampu memberikan perubahan pola pemahaman peserta kearah positif yakni memperoleh sejumlah pengetahuan mengenai konsep dan prosedur analisisi butir soal, 2) peserta memperoleh kategori “berhasil” mengikuti pelatihan dengan menunjukkan progres sikap disiplin, antusias, menunjukkan kemampuan menyusun materi, konsederan soal, menyusun kisi-kisi dan mengkonstruksi aitem tes,3) Ada empat faktor hubungan utama yang mendorong peserta berhasil dalam pelatihan yakni:   mengetahui pemahaman dasar tentang analisis butir soal, rasa ingin tahu, dukungan dan kolaborasi.


Keywords


pelatihan, analisis butir soal

Full Text:

PDF

References


Adeyemi, O. J., Bouillon-Minois, J. B., Siman, N., Cuthel, A. M., Goldfeld, K. S., & Grudzen, C. R. 2022. Knowledge and Attitudes Toward Hospice and Palliative Care: Instrument Validation Among Emergency Providers. American Journal of Hospice and Palliative Medicine®, 10499091221098664

Aiken, L. 2002. Attitudes and related psychosocial constructs: Theories, assessment, and research. Sage.

.Kurniawan dkk, 2017. Pelatihan analiais butir soal bagi guru di kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) volume.1 nomor 2.

Marengke Musa, 2018. Kesiapan kompetensi guru dan pengembangan kurikulum ( Cet.1,Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Nitko, A. J. 1996. Educational assessment of students. Prentice-Hall Order Processing Center, PO Box 11071, Des Moines, IA 50336-1071.

Novianti, A. V. (2022, January). Cognitive Test Item Analysis of Kinematics Material for Physics Class XI Using Item Response Theory. In 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021) (pp. 281-284). Atlantis Press

Nuraeni, Z. 2016. Self-assessment of teachers of mathematics vocational high school in Yogyakarta city on the performance post-certification. Proceeding ICERE 2016. (pp. 200-205). Yogyakarta: UNY.

.Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., & Budiman, T. C. S. 2021. Pelatihan penyusunan soal bahasa inggris berbasis hots bagi guru bahasa inggris SMP. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 47-54. )

Rokhayati, R. 2016. Validitas dan reliabilitas tes sumatif buatan guru bahasa indonesia di Kecamatan Limo. Deiksis, 8 (3), 302 – 315.

Tawalbeh, T. 2012. EFL teachers' competencies: A reflective model. LAP LAMBERT Academic Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3643-3653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.