SOSIALISASI PENGENALAN EKONOMI KREATIF PADA MASYARAKAT DESA TANJUNG BATUQ HARAPAN

Sri Asih Handayani, Muhammad Zakirin

Abstract


Dalam praktiknya banyak sekali orang yang memiliki skill atau keahlian dalam membuat usaha yang berasal dari rumah. Bupati/Walikota melalui Dinas Kesehatan setempat telah memberikan jaminan tertulis bagi pelaku usaha yang telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan yang telah ditetapkan, dan telah memiliki izin edar tersebut, maka pengedaran dari produknya dapat dilakukan secara bebas. Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang belum memahami bidang pemasaran dalam pembuatan usaha baru dan merek dagang skala rumah tangga, maka diperlukan penyuluhan dan pelatihan dalam bidang pemasaran dalam pembuatan hak merek dagang skala rumah tangga. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya adalah untuk memberikan sosialisasi ekonomi kreatif dalam pembuatan usaha baru skala rumah tangga secara sederhana kepada masyarakat agar produk mereka dapat dipasarkan dan layak beredar di masyarakat. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah membuat rancangan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tahap yaitu, persiapan, penyuluhan dan pelatihan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, teknik pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Adapun hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat dapat membentuk usaha rumahan dan juga UMKM yang dibuat khususnya untuk masyarakat desa dan juga dapat membantu perekonomian di desa agar lebih banyak lagi usaha baru yang dapat dibangun.


Keywords


UMKM, Merek Dagang, Usaha Berskala Rumahan, Profesionalitas

Full Text:

PDF

References


Arifin, J., Riyatno, R., & Pangestu, E. (2022). Program Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Semarang - Kampus Merdeka. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2 (3), 514-525.

Darwanto, D., Tri, U., & Danuar, D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 2(4), 19599.

Fussalam, Y., Kurniawan, R., Mori Saputra, D., Aprizan, A., & Zulmi, Z. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga Di Desa Lubuk Tenam. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM) , 1 (1), 8-15.

Hadi, Z. J., Lestari, D. E., Pratama, D., Riskika, H., Susilowati, I., Fuady, M. T., & Herianto, E. (2021). Pemberdayaan Remaja Milenial Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Home Industry Kerajinan Bambu.:-.Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(4), 669-680.

Istiatin, I., & Marwati, F. S. (2021). Sosialisasi Berbagai Peluang Usaha Umkm Dan Ekonomi

Kreatif Di Era New Normal Di Dusun Pinggir Desa Telukan Sukoharjo. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1).

Sari, N. (2018). Pengembangan ekonomi kreatif bidang kuliner khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51-60.

Saputra, R. (2019). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Implementasi Ekonomi Kreatif Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Desa Jalncagak Kecamatan Jalncagak Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat . TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan , 9 (1), 15-31.

Wahyuningtyas, Yayuk Indah, and Agung Yatiningrum. "Pelatihan Ekonomi Kreatif dan Strategi Pemasaran Produk Abon Tongkol di RW 18 RT 03 Desa Banjarsawah Tegalsiwalan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo." Jurnal Abdi Panca Marga 2.2 (2021).

Wahyuni, Amalia Rohmah Nur, Athalia Putriwika Salsabila, and Diana Kusuma. "Pemberdayaan Masyarakat Desa Banyumeneng Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui rumah Jamur Di Era New Normal." Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi 4.1 (2022).

Syafiin, Rezky Amalia, and Kun Arfandi Akbar Anzari. "Peningkatan edukasi Ekonomi Kreatif Melalui Pancake Tala Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Jenetallasa Kabupaten Jeneponto." Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP) 4 (2018): 133-140.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3671-3676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.