PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA MENJADI PUPUK ORGANIK DAN ECOBRICKS DI DESA TANJUNG PERING, OGAN ILIR

Mokhamad Yusup Nur Khakim, Ahmad Aminudin Bama, Muharni Muharni, Erni Erni, Fitrya Fitrya, Sarmayanta Sembiring

Abstract


Permasalahan sampah sudah menjadi isu global dan harus menjadi perhatian khusus demi menjaga lingkungan dan kesehatan. Kabupaten Ogan Ilir merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Selatan yang masih berupaya mengatasi permasalahan sampah sampai saat ini. Di Kabupaten Ogan Ilir, Kecamatan Indralaya menempati urutan kedua dengan timbunan sampah terbanyak.  Desa Tanjung Pering adalah bagian wilayah Kecamatan Indralaya Utara. Keberadaan sampah pada suatu tempat membutuhkan penanganan yang segera, sehingga tidak mengakibatkan penumpukan secara terus menerus karena akan menimbulkan bau dan pencemaran lingkungan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk berperan serta dalam pengelolaan sampah adalah dengan cara menerapkan prinsip 3R, yakni reduce (mengurangi), reuse (penggunaan kembali) dan recycle (daur ulang) serta melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk dan kompos sementara sampah anorganik dapat diolah menjadi ecobriks. Kegiatan penyuluhan dan percontohan pengolahan sampah menjadi pupuk dan ecobrick telah dilaksanakan ada tanggal 6 September 2022 dan diikuti oleh 30 orang masyarakat desa Tanjung Pering. Kegiatan dilakukan dengan penyuluhan dan  peragaan. Hasil kegiatan menunjukkan pemahaman dan minat masyarakat untuk memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi pupuk juga semakin meningkat karena sebagian peserta adalah petani. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelesteraian lingkungan juga semakin meningkat.


Keywords


Sampah, pencemaran, pupuk organik, ecobrick.

Full Text:

PDF

References


Rabbani A, Annisa S, Arfaigah, Ayu L, Dita K, Qanita. (2021), Pengelolaan Sampah Melalui Pendidikan Kesadaran Bersih Lingkungan Sebagai Strategi Mitigasi Bencana di Desa Seriwe, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5 (1): 51-57.

Lestari A, Annisa ZR, Lalu RP, Abdul S. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Bahan Pupuk Organik Cair untuk Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa MTs. Haudhul Ulum Gegutu Telaga, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4 (2): 36-41.

Anggraini D. (2019), Peran Jasa Sampah Online (JSO) Dalam Mengelola Sampah Di Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Skripsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya.

Rohyani IS, Komang SW, Rusady, Muhammad H., dkk. (2021), Pelatihan Pengolahan Sampah berbasis Masyarakat sebagai Alternatif Penanganan Limbah di Desa Penimbung, Jurnal Pengamdian Magister Pendidikan IPA, 4(4):410-414.

Artayasa IP, Pendi R, Wahyu, Nurhasanah, Via FYP. (2022), Pengelolaan Sampah Dalam Upaya Mitigasi Bencana Alam di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Lombok Timur, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5 (2): 27-32.

Vega M, Ferlina AN, Mohamad A, M Isra’din, Nur AM, Reza S, Mohamad I. (2021), Upaya Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Sebagai Alternatif Pupuk Organik Untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan di Desa Surabaya Utara, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5 (2): 18-21.

Mulyono. (2016), Membuat Mikroorganisme Lokal (MOL) & Kompos dari Sampah Rumah Tangga. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Setyaningsih M. dan Maesaroh. (2021), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Upaya Mencegah Bencana dan Melestarikan Lingkungan di Desa Karangreja. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5 (5), 2879-2887.

Sukiman, Kurniasih S, Nur IJ, Rina K, (2021), Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbasis Limbah Tanaman di Desa Ubung Kabupaten Lombok Tengah, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4 (4): 320-326.

Suminto dan Sekartaji. (2017), Ecobrick: solusi cerdas dan kreatif untuk mengatasi sampah plastik. J. Desain Produk, 3 (1): 27-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3582-3588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.