PEMBERDAYAAN MANAJEMEN USAHA BENEFICIARIS MELALUI SOCIAL PRENEURSHIP

Zulkarnen Mora, Makhroji Makhroji, Maulana Rahman

Abstract


Kemiskinan yang dialami oleh sebahagian besar masyarakat Indonesia bukanlah satu tradisi yang diwariskan oleh leluhur. Upaya mempertahankan hidup menjadi tantangan bagi setiap orang dalam membuat keputusan agar tetap dapat menjalaninya sesuai dengan tujuan yang ditetapkan masing-masing individu itu sendiri. Saling membantu satu sama lain menjadi solusi jitu yang sangat diharapkan, Layaknya Baitul Mal Aceh Tamiang, di mana tujuan pendirianya sebagai media dalam menjembatani antara niat Muzzaki (sebagai pemberi zakat) dengan mustahiq (sebagai penerima zakat atau beneficiaris). Hal tersebut mendorong para tim pengabdian untuk berkontribusi dalam menata kembali kesenjangan dimaksud mealui Pemberdayaan Manajemen Usaha Beneficiaris berbasis Sociopreneurship di Baitul Mal Aceh Tamiang dengan melibatkan 15 orang penerima manfaat (mitra). Metode pengabdian yang dilakukan melalui metode PAR    bagi penerima manfaat yang memiliki usaha dari sumber modal yang berasal dari dana zis produktif. Maksud dari pengabdian ini juga melatih perilaku dalam berbisnis melalui manajemen usaha menjadi lebih baik lagi agar mampu merubah pola usahanya dengan tertib, akuntabel dengan memiliki bisnis plan yang terarah sesuai dengan jadwal disepakati dengan pihak mitra. Beberapa solusi ditawarkan yaitu: (1) Memberikan pelatihan  pembuatan bisnis plan, (2) Membentuk personal karakter menjadi pelaku usaha tangguh dan berkomitmen, (3) Melatih penyusunan laporan keuangan usaha dan (4) Mengkoneksikan mitra dengan pelaku sosiopreneuship di Aceh Tamiang.

Keywords


Pemberdayaan; Manajemen Bisnis; Beneficiaris: Social preneurship

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). Analisis penyaluran dana infaq sebagai upaya dalam meningkatan pendapatan Mustahiq (Studi Kasus Baitul Mal Aceh Utara). Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 18(2)

Alqamari, M., Cemda, A. R., Siregar, M. S., & Lubis, S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid 19 Melalui Budidaya Jamur Tiram Medan dengan batas-batas sebagai berikut : Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Medan Area Sebelah Timur berbatasan dengan Utara berbatasan dengan Kecamatan Medan Kecamatan Medan Den. Jurnal Martabe, 5(4), 1254–1259. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1254-1259

Bahri, E. S., & Utama, I. (2021). The Effectiveness Level of Zakat Disbursement on Zakat Management Entities in Indonesia. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah ·, 8(1), 125–140. https://doi.org/10.1905/iqtishadia.v8i1.4196

Furqani, H., Mulyany, R., & Yunus, F. (2018). Zakat for Economic Empowerment (Analyzing the Models, Strategy and Implications of Zakat Productive Program in Baitul Mal Aceh and Baznas Indonesia). Iqtishadia, 11(2), 391. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v11i2.3973

Gumartifa, A. (2022). Sosialisasi penerapan pendidikan karakter dan kreatifitas pada anak yang terdampak pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Jurnal Martabe, 5(1), 63–67. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i1.63-67

Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615

Hapsari, D. P., & Hasanah, A. N. (2017). Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntansi, 4(2), 36–47.

Harini, S. (2014). Pengaruh Pelatihan Entrepreneurship dan Manajemen Usaha terhadap Pendapatan Usaha Mikro Makanan dan Minuman. Jurnal Entreprenenur Dan Entrepreneurship, 3(1), 73–80.

Indriastuti, M., & Permatasari, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Akuntansi UMKM Berbasis Digital. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 33. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.9352

Kamaludin Yusup, D., Sobana, D. H., & Fachrurazy, F. (2021). The Effectiveness of Zakat Distribution at the National Zakat Agency. Al-’Adalah, 18(1), 55–76. https://doi.org/10.24042/adalah.v18i1.9912

Kurniati, S. W. M. dan T. (2020). Sociopreneurship Sebagai Upaya Pemberdayaan di Kota Tasikmalaya. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 182–186.

Latief, N. F. (2019). Managing Zakat in the 4.0 Era: An Implementation of Simba in Baznas of North Sulawesi. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 8(2), 238–255. https://doi.org/10.22373/share.v8i2.5550

Majid, M. S. A. (2017). The Motivation of Muzakki to Pay Zakah: Study at The Baitul Mal Aceh. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(1), 159–176. https://doi.org/10.15408/sjie.v6i1.4302

Mora, Z. dkk. (2021). Manajemen Penguatan Kapasitas Mustahiq Dalam Menata Usaha Produktif Baitul Mal (CV. Samudra Biru (ed.1st ed.). CV. Samudra Biru.

Mora, Z., Setianingsih, D., & Bustami, B. (2020). The Effectiveness of Entrepreneurship Management on the Mosque Prosperity Agency in Langsa in the terms of Sharia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 2914–2925. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1311

Nurhadi, A., Mas’adi, M., Murtiyoko, H., Sudarso, A. P., & Wicaksono, W. (2022). Mewujudkan Sociopreneur Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 146. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18225

Qanun Aceh No. 10 Tahun 2018 Tentang Baitul Mal, (2018).

Putri, L. I. (2017). Reduksi Kemiskinan Melalui Sociopreneurship. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislamn, VI(1), 48–68. http://journal.ipmafa.ac.id/index.php/islamicreview

Qonita, A., Romli, R., & Budiana, H. R. (2016). Hubungan Sosialisasi Sociopreneurship Dengan Pembentukan Sikap Wirausaha Partisipan Pada Forum Kreatif Jatinangor. Communication, 7(1). https://doi.org/10.36080/comm.v7i1.78

Rais, I. (2009). Muzakki dan Kriterianya Dalam Tinjauan Fikih Zakat. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 1(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v1i1.2456

Rizzi, F., Pellegrini, C., & Battaglia, M. (2018). The structuring of social finance: Emerging approaches for supporting environmentally and socially impactful projects. Journal of Cleaner Production, 170, 805–817. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.09.167

Saputra, S., & Mujahiddin, M. (2021). Desa Tangguh Covid-19 Melalui Pemberdayaan Kelompok Tani Berbasis Sociopreneurship Di Desa Sekoci Kabupaten Langkat. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1), 85–93. https://doi.org/10.29303/amtpb.v3i1.72

Saputro, E. G., & Sidiq, S. (2020). The Role of Zakat, Infaq and Shadaqah (ZIS) in Reducing Poverty in Aceh Province. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 3(3), 63–94. https://doi.org/10.18196/ijief.3234

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2021). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Mbia, 19(3), 320–330. https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177

Tanjung, Y., Saputra, S., & Hardiyanto, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Inovasi Jeruk Siam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3091–3103.

Utami, D. A., Putra, G. G., Prasetyawan, A., & Surabaya, U. N. (2017). Sociopreneurship Sebagai Alternatif Pemberdayaan Masyarakat Dan Pengentasan Kemiskinan Jurnal Ilmu Adminitrasi Negara Jurnal Ilmu Adminitrasi Negara – ASIAN ISSN : 2338-9567. Jurnal Ilmu Adminitrasi Negara, 5, 31–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3565-3575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.