PELATIHAN PENGENALAN EKOLOGI EKOSISTEM & KONSERVASI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN MUNGKU BARU

Ardiyansyah Purnama, Mariaty Mariaty, Misyanto Misyanto, Ise Afitah

Abstract


Kemampuan masyarakat untuk mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan, perubahan iklim serta pola karakteristik sumberdaya yang menghasilkan kemampuan bertahan hidup sesuai dengan kondisi lingkungan, sosial dan ekonomi. contohnya Seperti karakteristik sumberdaya manusia dan lingkungan di Kalimantan Tengah. Kalimantan Tengah memiliki karakteristik berair, lingkungan rawa, lingkungan gambut dan tentunya dengan karakteristik ekosistem Hutan Hujan Tropis. Melihat kondisi karakteristik tersebut perlu adanya kegiatan pelatihan dan pengenalan terhadap ekologi, ekosistem dan konservasi kepada masyarakat dengan menggunakan konsep belajar tersistematis atau flow learning supaya tetep terjaga dan berkelanjutan. Penerapan metode tersebut di Sekolah Dasar di Kelurahan Mungku Baru Kota Palangka Raya. pelaksanaan kegiatan di Bulan Agustus Tahun 2022 dengan jumlah peserta 27 orangaktivitas pengabdian diantaranya seperti pemutaran film, pengenalan ekologi ekosistem di lapangan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon serta membuat sebuah prakarya. Hal yang dilakukan diharapkan dapat meningkatan kualitas sumberdaya manusia dan menjadi Langkah mitigasi konservasi lingkungan di Kelurahan Mungku Baru, mengingat Kota Palangka Raya sering menjadi lokasi terjadinya bencana lingkungan buatan seperti kebakaran lahan dan hutan, kabut asap, banjir dan pencemaran badan air yang dilakukan dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup (ekonomi).


Keywords


Ekologi, Ekosistem, & Konservasi

Full Text:

PDF

References


Apriliany, L., & Hermiati, H. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Paper Presented At The Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Heston, P. Y. (2015). Perubahan Iklim Di Perkotaan: Yogyakarta. Diandra Kreatif.

Maghfur, M. (2010). Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Masa Depan Ekologi Manusia. Forum Tarbiyah, 8(1), 57-71.

Meriyati, M. P. (2015). Memahamai Karakteristik Anak Didik Fakta Press Iain Raden Intan Lampung.

Shalih, O., & Magister, J. (2020). Strategi Membangun Ketahanan Komunitas (Masyarakat) Terhadap Bencana Tanah Longsor Di Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Depok: Tesis,

Sudjoko, S. J. P. L. H. (2014). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup. In (Vol. 1, Pp. 1-4).

Utina, R., & Baderan, D. W. K. J. N. I. (2009). Ekologi Dan Lingkungan Hidup.

Yulianti, C., Panjaitan, R. G. P., & Yeni, L. F. J. J. P. D. P. K. (2016). Respon Siswa Terhadap Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. 3(5).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3498-3503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.