OPTIMALISASI LAHAN PEKARANGAN SEBAGAI SUMBER GIZI DAN EKONOMI RUMAH TANGGA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MAJELIS TAKLIM SURAU AL-IKHLAS KELURAHAN ANDURING

Murnita Murnita, Gusriati Gusriati, Yonny Arita Taher

Abstract


Di Indonesia, ketahanan pangan akan menjadi permasalahan pokok karena pertambahan jumlah penduduk yang semakin besar. Salah satu upaya membangun ketahanan pangan keluarga adalah dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada seperti pemanfaatan lahan pekarangan. Tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah: (1) Transfer ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan lahan pekarangan melalui budidaya tanaman sayuran dengan sumber pupuk berasal dari sampah rumah tangga, (2) Memberikan informasi adanya keterkaitan antara konsumsi sayuran dengan gizi dan  imun tubuh, (3) Memberikan motivasi, pengetahuan, dan keterampilan teknik budidaya tanaman sayuran menggunakan pupuk organik dari sampah rumah tangga di pekarangan (4) Meningkatkan  keterampilan dalam pengolahan sayur bayam menjadi produk yang memiliki nilai tambah (keripik bayam krispy), dan (5) Memberikan pendampingan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman sayuran, konsultasi gizi dan aneka olahan sayuran. Metode yang digunakan adalah: penyuluhan, pelatihan/praktek, pendampingan, dan monitoring. Selanjutnya dilakukan evaluasi dan tindak lanjut. Hasil dari PKM yaitu: (1) Sudah terlaksana  transfer ilmu  pengetahuan kepada mitra tentang pemanfaatan lahan pekarangan, budidaya  tanaman sayuran secara vertikultur, pembuatan pupuk dari sampah rumah tangga, serta pembuatan keripik bayam krispy  (≥ 71%), (2) Transfer  ilmu pengetahuan /informasi keterkaitan konsumsi sayuran, gizi dan imun tubuh, (3) Mitra termotivasi dalam melakukan  budidaya tanaman sayuran  secara vertikultur berkelanjutan (100%), (4) Mitra melakukan praktek pembuatan keripik bayam krispy (76%), dan (5) Pendampingan  oleh tim terhadap mitra dalam pelaksanaan program PKM.


Keywords


lagan pekarangan, sayuran, gizi dan imun, vertikultur, nilai tambah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S dan S. N. R. Irwan. 2018. Pemanfaatan Area Pekarangan Sebagai Lanskap Produktif di Pemukiman Perkotaan. Jurnal Tesa Arsitektur, 16 (1): 40 -48.

Hidayati, N., P. Rosawati, F. Afrianto, dan N. Hanafi. 2018. Pemanfaatan lahan sempit untuk budidaya sayuran dengan sistem vertikultur (Utilization of narrow-land area to cultivate vegetables by verticulture syste). Online: http://jurnal.umpalangkaraya.ac.id/ejurnal/pgbmu.

Isti, K dan U. F. Rhina. 2016. Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis FP UNS. Solo.

Nitisapto, M. 1993. Budidaya Pertanian Sistem Pertanian Vertikal. Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, UGM: Yogyakarta.

Nurlina, A. & Safrizal. 2019. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Pada Desa Blang Batee Kabupa, Ten Aceh Timur. Global Science Society. Vol 1 No. 1: 97-107.

Pasir S. dan Hakim M.S. 2014. Penyuluhan Penanaman Sayuran dengan Media Polybag. J. Inov dan Kewirausahaan. Vol. 3 No. 3:159-163.

Roidah, I. S. 2013. Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Universitas Tulungagung. Vo. 1 No. 1: 30–42.

Sudalmi, E. S., & Hardianti, J. S. 2018. Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Penganekaragaman Tanaman Pekarangan. Jurnal Adiwidya. Vol 2 No. 2: 153–158.

Suyanti. 2008. Membuat Mie Sehat Bergizi dan Bebas Pengawert. Depok. Jakarta.

Wijaya, M. S. dan Trias, Q. D. 2015. Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3471-3478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.