PENGENALAN DIGITAL MARKETING DALAM PENINGKATAN DAYA JUAL UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA KARANGREJO KEC. MANYAR KAB. GRESIK

Faizatul Fidat, Wiwik Saidatur Rolianah, Kholid Albar, Nurul Istifadhoh, Abdul Ghofur

Abstract


Pemasaran merupakan suatu elemen penting dalam menjalankan sebuah usaha. Banyak pelaku usaha yang meluangkan waktunya untuk memikirkan metode pemasaran apa yang tepat agar produk yang dijualnya laku di pasaran, karena sukses tidaknya usaha bergantung pada metode/ cara pemasaran apa dan bagaimana yang dilakukan oleh pelaku dunia usaha, khususnya usaha kecil dan menengah masalah utama yang dihadapi. pelaku UMKM adalah minimnya pengetahuan pemasaran baik secara langsung (offline) maupun online, khususnya secara e-commerce. Minimnya pengetahuan anggota UMKM dalam pemasaran digital mendorong kami untuk turun ke masyarakat untuk Memberikan sosialisasi dan pelatihan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Anggota UMKM memahami pentingnya pemasaran digital untuk peluang bisnis, kami berharap mereka  Termotivasi untuk menggunakan pemasaran digital sebagai satu kesatuan Sarana dan Peluang Komunikasi media sosial untuk bisnis mereka, dan mereka dapat mempraktikkannya langsung melalui Media sosial. Terkait masalah utama dari pelaku UMKM adalah Informasi manajemen pemasaran tidak ada, solusi disponsori mereka adalah menyediakan materi terkait Pemasaran digital, offline untuk meningkatkan penjualan. Penggunaan Ceramah, diskusi, Q&A, simulasi. Tujuan yang ingin dicapai perusahaan Hal ini berlaku untuk penerapan digital marketing dalam pemasaran online.peningkatan daya jual agar produk-produk UMKM di desa karangrejo ini lebih bisa di kenal banyak orang


Keywords


digital marketing, peningkatan daya jual, UMKM

Full Text:

PDF

References


Mahedy, K. . (2016). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil ( Apik ) Kabupaten. 389–398.

Pradiani. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2)(https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45), 46–53.

Rebecca. (2016). 10 Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis.

Stelzner, M. (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business.

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3.

Latief, A., Syardiansah, S., & Yakob, M. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis E-Marketing Pada Kelompok Usaha Perempuan Anyaman Tikar Di Gampong Matang Gleum Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Pelita Masyarakat, 2(1), 17–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3422-3428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.