PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA KARANGREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK

Dewi Puspita Sari, Nurul Istifadhoh, Wiwik Saidatur Rolianah, Kholid Albar, Muhlis Muhlis

Abstract


Digital Marketing adalah suatu kegiatan pencarian pasar serta promosi atau pemasaran suatu produk atau merek menggunakan media digital secara online. Pelatihan ini dengan tujuan guna menambah pemahaman, keterampilan dan wawasan para peserta pelatihan UMKM mengenai pemasaran digital (Digital Marketing). Terutama sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan keuntungan serta penjualan. Peserta pelatihan tersebut dihadiri oleh pelaku UMKM desa karangrejo, metode yang dipakai pada pelatihan sebagai berikut : pertama, metode ceramah. Metode ini lebih banyak digunakan untuk strategi menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pelatihan yang dijelaskan secara terinci oleh narasumber. Apa yag dibahas tentu saja tergantung pada topik materi yang dibahas. Kedua, diskusi serta berbagai pengalaman. Terakhir, memberikan praktik secara langsung pembuatan akun pada peserta pelatihan disertai dengan tutorial. Media digital yang digunakan yaitu akun bisnis yang terdapat dimedia sosial seperti GoogleBisnis. Hasil yang didapatkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bahwa minimnya pengetahuan para peserta UMKM tentang digital marketing serta kegiatan pemasaran yang dilakukan masih sangat tradisional. namun terdapat beberapa peserta yang sudah menggunakan sosial media untuk promosi produk UMKM, tetapi tidak memisahkan akun bisnis dan akun pribadinya, dan beberapa peserta yang lainnya belum menggunakan sosial media sebagai media promosi sebab terbatasnya teknologi.

 


Keywords


Digital Marketing, Strategi Pemasaran, UMKM

Full Text:

PDF

References


Afrilia1, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1).

Anwar, M. N. dan S. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN KARANGMALANG KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU. JURNAL INVESTASI. 6, 87–102.

Idris yanto Niode. (2009). Sektor UMKM di Indonesia:Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan, Jurnal kajian Ekonomi dan Bisnis. 1(1979–1607), 1–10.

Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352.

Purwana ESD, Rahmi, A. S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM. 1(1). doi : doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Rahmatul Jannatin N , M. Wahyu Wardhana, , Rudi Haryanto, dan A. P. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Impact, 2.

Ridwan, I. M. D. (2019). Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.

Rosma, D. (2022). PERAN DIGITAL MARKETING BAGI PERKEMBANGAN USAHA MIKROKECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (studi pada UMKM Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan) (Lampung Selatan : UIN RADEN INTAN LAMPUNG.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3429-3435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.