PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING DI DUSUN IV DESA SELEMAK

Yummy Jumiati Marsa, Salsabila Febriani, Aninda Nurul Rahmayanti, Syahirah Rizky

Abstract


Dalam upaya membantu memajukan desa yang tertinggal di Desa Selemak khususnya pada  dusun IV telah dilaksanakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan yang mudah dan inovatif. Pelatihan yang dilakukan Desa Selemak terutama pada dusun IV bertujuan untuk memberdayakan para ibu rumah tangga untuk dapat berkreasi membuat sebuah produk. Produk tersebut salah satunya adalah membuat sabun cuci piring yang cepat dan dapat dipasarkan sehingga membantu perekonomian keluarga. Target yang ingin dicapai adalah ibu rumah tangga menjadi lebih mandiri dalam menghadapi ekonomi yang semakin maju. Namun masih ada faktor yang terkendala dalam pembuatan sabun cuci piring dikarenakan bahan yang digunakan bersifat kimia yang jarang dijual dipasar mengakibatkan peluang bisnis untuk membuat sabun cuci piring ini menjadi kendala. Oleh karena itu tim pelatihan mencoba mencari toko terdekat untuk membantu para ibu yang berumah tangga untuk pembelian bahan membuat sabun cuci piring tersebut. Maka metode yang dilakukan pertama yaitu observasi lapangan merupakan pengidentifikasian masalah yang terjadi serta mencari solusi, yang Kedua sosialisasi merupakan memberikan edukasi bagaimana cara pembuatannya dan cara pemasarannya, yang ketiga Praktek merupakan penampilan vidio cara membuat sabun cuci piring yang sudah dibuat oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 67. Hal ini agar proses membuat sabun cuci piring kepada Ibu rumahtangga dapat memberikan manfaat bagi perekonomian serta dapat di pakai untuk kebutuhan sehari-hari.


Keywords


pemberdayaan, pelatihan, ibu rumahtangga, sabun cuci piring.

Full Text:

PDF

References


Ariyani, Nafiah. 2019. “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Miskin.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani 3 (2): 216–34.

Deri, Rahmi Rismayani, Noneng Nurhayani, Syafaruddin Mahaputra, and Ega Triyandi. 2020. “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 10 (1): 75.

Edi Supriyadi, Rully Nur Dewanti, Taufik, Junaedi, Soleh Sofyan. 2020. “Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri 39 (1): 1–24

.

Endah, Kiki. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa.” Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6 (1): 135–43.

Mardiah, Ainun, Rozalinda, Ratna Dewi, Sehani, Desvi Emti, and Herlinda. 2021. “Artikel SNKPM 2021 Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Sebagai Peluang Wirausaha Rumah Tangga di Kota Pekanbaru.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (5): 1211–18.

Munawarah, Keumala Hayati, Mas Intan Purba, and Wenny Anggeresia Ginting. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Suka Maju Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Kebutuhan Rumah Tangga.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (3): 434–39.

Murdayanti, Yunika, Susi Indriani, Etty Gurendrawati, I Gusti Ketut Agung Ulupui, and Suherman Suherman. 2020. “Pemberdayaan Masyarakat UKM Dalam Mengimplementasikan Unique Selling Proposition Dan Strategi Penentuan Harga Jual.” JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat) 7 (1): 65–77.

Nur Ihda Farikhatin Nisa, Dyan Hatining Ayu Sudarni, Saifulloh. 2021. “Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring Sebagai Upaya Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Di Desa Kutuwetan Kabupaten Ponorogo ( Dish Soap Making Training as an Empowerment Effort for PKK Ladies in Pengetahuan Dan Keterampilan Kepada Ibu-Ibu PKK Di Desa Kutuwetan Kabu” 5 (1): 53–59.

Shitophyta, Lukhi Mulia, Shinta Amelia, and Siti Jamilatun. 2022. “Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Cair Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 2 (1): 33–36.

Wahyuni, Iga, Julianto Hutasuhut, Universitas Muslim, Nusantara Al, Masyarakat Desa, and Kec Galang. 2022. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Cuci Pirirng Di Desa Sei Karang Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang.” Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka 6 (1): 12–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3379-3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.