PENERAPAN KEBIJAKAN PENCEGAHAN DAN MENGATASI STUNTING DI DESA MAREDAN KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Nisa Aryani Yulika, Ahmad Fahrin S, Hasnun Jauhari Ritonga, Akhmali Sudandi, Arini Lestari, Dea Ayu Puspita

Abstract


Stunting merupakan suatu kondisi di mana seorang anak mempunyai tinggi badan di bawah rata- rata, yaitu lebih rendah dua standar deviasi dari usianya pada grafik pertumbuhan standar. Kondisi tersebut merupakan bentuk kegagalan pertumbuhan anak yang ditandai dengan perawakan pendek. Tetapi perlu di ingat bahwasannya stunting ini bisa sama-sama kita cegah dan atasi secara bersama sama. Untuk mendukung percepatan penurunan angka stunting di Indonesia khususnya di Desa Maredan, Mahasiswa melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata kepada Masyarakat di Desa Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Bentuk kegiatan berupa Seminar dalam bentuk Sosialisasi tentang stunting kepada masyarakat dengan melibatkan pihak Puskesmas Kecamatan Tualang. Kegiatan sosialisasi tentang stunting saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, berdasarkan hasil observasi dan wawancara banyak masyarakat khususnya di Desa Maredan belum mengetahui tentang stunting. Pemerintah Kabupaten Siak sudah membuat kebijakan berupa Peraturan Bupati untuk pencegahan dan penanganan stunting namun belum melibatkan Perguruan Tinggi. Pemerintah Kabupaten Siak masih perlu menambah tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan serta melibatkan stakeholder khususnya kepada Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Siak untuk bersinergi dalam menurunkan angka stunting dalam bentuk pencegahan dan penanganan stunting.


Keywords


Pencegahan, mengatasi, stunting

Full Text:

PDF

References


”Lestara, Wenny., Kristiana, Lusi., Paramita, Astridya.(2018). STUNTING : STUDI KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT PERDESAAN DAN PERKOTAAN TERKAIT GIZI DAN POLA PENGASUHAN BALITA DI KABUPATEN JEMBER.

Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9, 18-21.”

“Upaya penurunan Angka Balita Stunting di Kabupaten Siak Tahun 2021” (siakkab.go.id). 19 Agustus 2022.

Https://web.siakkab.go.id.

“SK Nomor 324 Tahun 2022 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Stunting.”

“Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting.” 2021. (1): 23

“Ekayanthi, N. W. D., & Suryani, P. (2019). Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10(3), 312.”

“Kemenkes. (2018). Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan, Pola Asuh dan Sanitasi – Sehat Negeriku”

Niflar, R, (2018). "Gerakan 1000 hari pertama kehidupan mencegah terjadinya stunting (Gizi pendek) di Indonesia. Global Healt science,(2), pp. 2622-1055

Kemenkes, 2014. pedoman Gizi Seimbang. Kemenkes, Jakarta

WHO Libary Cataloguing-in-Publication Data. Nutrition Landsscape Information Syste, (NLIS) country profile indicators interpretation guide, Tahun 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3388-3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.