ANALISIS KEBIJAKAN PENCEGAHAN STUNTING (STUDI KASUS: DESA SUMBUL DUSUN BANTUN KERBO KECAMATAN LAE PARIRA KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA)

Fitriana Padang, Rustam Pakpahan, Indah Purnama Kaloko, Rana Lolo Karina Berutu, Siti Afnijar Berutu

Abstract


Stunting merupakan kondisi dimana seorang anak mengalami kegagalan tumbuh dan kembang akibat kurangnya asupan gizi. Tujuan dari penelitian  adalah untuk mengkaji bagaimana kebijakan Pemerintah dalam pencegahan stunting di Desa Sumbul Bantun Kerbo Kecamatan Lae Parira Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi langsung ke tempat kejadian serta melakukan wawancara dengan warga sekitar, Kepala Desa Sumbul dan Kepala Puskesmas Kentara. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa pemerintah mengalami kesulitan dalam mengimplementasi kebijakan pencegahan stunting dan Dusun Bantun Kerbo mencapai angka tertinggi anak yang mengalami stunting di Desa Sumbul. Oleh karena itu peranan pemerintah dan kebijakan kebijakan yang dilakukan sangat berpengaruh terhadap pencegahan stunting.


Keywords


Mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata, Penggerak, Nilai Keagamaan.

Full Text:

PDF

References


Dr.drh.Didik Sutarjo, M. K. (2018). Situasi Balita Penek (Stunting) di Indonesia. In Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan.

Iqbal, M. (2021). Upaya Konvergensu Kebijakan Pencegahan Stunting di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik, 3(2).

Ni’mah, K., & Nadhiroh, S. R. (2015). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita. Media Gizi Indonesia, 10(1), 15–19.

Rahman, Z., Werenfridus, M., N.R, D. R., Ukhra, A., & M, N. W. (2021). Analisi Kebijakan Pencegahan Stunting dan Relevansi Penerapan di Masyarakat (Studi Kasus: Desa Donowarih). Karta Rahardja, 2(1), 27–33.

Rosha, Ch, B., Sari, K., SP, I. Y., Amaliah, N., & Utami, N. (2016). Peran Intervensi Gizi Spesifik dan Sensitif dalam Perbaikan Masalah Gizi Balita di Kota Bogor. Buletin Penelitian Kesehatan, 44(2), 127–138.

Sutarto, Mayasari, D., & Indriyani, R. (2018). Stunting, Faktor Resiko dan Pencegahannya. Agromedicine, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3320-3325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.