PERKEMBANGAN MINAT TAHFIDZ AL-QURAN DI SMP IT BAITUL QURAN MEURANDEH TEUNGOH

Rahmat Daim Harahap, Fajar Daniel Samosir, Khairatul Munawarah, Najla Liyana, Rayhan Layli

Abstract


SMP IT Baitul Quran didirikan pada tahun 2017 yang membuatnya tergolong sekolah yang masih baru. Walaupun begitu para siswa yang mendaftar meningkat pesat disetiap tahunnya, program tahfidz yang diterapkan merupakan daya tarik pada siswa untuk masuk ke sekolah ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui perkembangan minat para siswa SMP IT Baitul Quran di Desa Meurandeh Teungoh. Adapun alasan peneliti memilih sekolah ini karena para peneliti melakukan pengabdian di Desa Murandeh Teungoh selama empat minggu, selama waktu itu para peneliti menemukan bahwa masyarakat Meurandeh Teungoh khususnya para anak-anak dan remaja banyak yang mengikuti kegiatan tahfidz, dari beberapa tempat pelaksanan program tahfidz yang ada para peneliti memilih SMP IT Baitul Quran karena sekolah tersebut adalah lembaga resmi pendidikan keagaaman yang berada di Desa Meurandeh Teungoh dengan masa pengoperasian yang masih terbilang baru yaitu menginjak tahun keenam. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan objek penelitian minat para siswa SMP IT Baitul Quran dan Subjek penelitian yaitu pimpinan yayasan, para guru, para murid dan wali murid SMP IT Baitul Quran. Hasil penelitian menemukan bahwa perkembangan minat tahfidz Al-Quran di SMP IT Baitul Quran Meurandeh Teungoh meningkat dengan signifikan ditandai dengan antusiasme siswa yang mendaftar dan dukungan dari orangtua siswa kepada pimpinan yayasan. SMP IT Baitul Quran menggunakan metode Talqin dalam membimbing para siswa mengikuti program tahfidz. Pihak sekolah tidak menerapkan target hafalan dalam program tahfiz untuk menecegah rasa beban bagi para siswa. Walau begitu tekad dan minat para siswa tidak surut untuk selalu menghafal ayat suci Al-Quran karena para siswa memiliki alasannya sendiri, yaitu menghadiahkan surga kepada orangtuanya.Kata Kunci : Perkembangan, Minat, Tahfidz Al-Quran

Keywords


Development, Interest, Tahfidz Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin,24(1),91.

https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.151 7

Apriati, Y. (2020). Kerjasama Sekolah Dan Orangtua Dalam Proses Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an Pada Anak Di Sekolah Tahfidz Plus Sd Khoiru Ummah Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(1), 164.

https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i 1.1616

Hakim, F., & Dyah Permatasari, Y. (2020). Tren: Pendidikan Tahfidz Qur’an Pada Anak Di Rumah Qur’an Ar-Roudhoh Rowotengah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19–26.

https://doi.org/10.36835/au.v2i2.375

Hidayah, A. (2018). Metode Tahfidz Al- Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(1), 51.

https://doi.org/10.14421/qh.2017.1801- 04

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4. 1.63-81

Kinesti, R. D. A., Andriani, R., & Dkk. (2022). PELAKSANAAN PROGAM TAHFIDZUL QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN BAKAT MINAT PADA BIDANG QUR’ANI DI SD DARUL HIKAM BANDUNG. Jurnal

Pendidikan Dan Sains Masaliq, 2, 527–

Mukarromah, H., & Pujiastutik, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an di SD. Academia Open, 7, 1–15.

Suryana, N., Dina, & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Tahfidz Al Qura’an. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 220–230.

http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ise ma

Syamsinar. (2016). Pola Tidur Dalam Al- Quran (Kajian Tahlili terhadap Q.S Al- Furqon:47. Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin, 1.

Utami, V. P., & Fatoni, A. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al- Qur’an sebagai Penguatan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6329–6336.

Wahyuni, A., & Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur ’ an sebagai Metode Pendidikan Anak. Jurnal Elementary, 5(1), 87–96.

Nailul husni, 2021. Strategi pemasaran Pendidikan program tahfidz dalam menarik minat peserta didik di SMAN 1 PADANG PANJANG. Skripsi. tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3333-3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.