PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA SDIT AL-FITYAH

Rena Nurwana Basyar, Aprillia Dwi Andira, Lailatul Mardhiyah, Annisa Fijjannah Aliyyah, Alwi Aryusya Thamrin

Abstract


Kesehatan gigi dan mulut sering kali diabaikan oleh masyarakat. Rendahnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi mulut merupakan salah satu penyebab dari penyakit gigi dan mulut pada masyarakat Indonesia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan 57,6% penduduk Indonesia mengalami masalah gigi dan mulut dan hanya sekitar 10,2% yang telah mendapatkan pelayanan medis. Prevalensi gigi berlubang pada anak usia dini sangat tinggi (93%) dan hanya 7% anak yang bebas dari masalah gigi berlubang. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mulai melakukan tindakan pencegahan gigi berlubang sejak dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperiment dengan desain One Group Pre Test-Post Test, yaitu penelitian eksperimen tanpa kelompok kontrol dengan kata lain hanya ada satu kelompok saja yang akan mengisi kuesioner sebelum dan sesudah penyuluhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian penyuluhan dengan media Power Point terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas 4 dan 5 sebanyak 53 siswa tentang kesehatan gigi dan mulut di SD Al-Fityah, Kelurahan Paya Roba, Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Data yang telah terkumpul akan dianalisis menggunakaan software analisis data berupa SPSS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon setelah dilakukannya Uji Normalitas data terlebih dahulu. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh P-value 0,041. Karena P-value < 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata hasil Pre-Test dengan Post-Test sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang kesehatan gigi dan mulut di SD Al-Fityah Kota Binjai.

Keywords


Kesehatan Gigi Dan Mulut, Anak-anak, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Azhari, S., Susilawati, S., Damayanti, M. A., & Rizky, I. (2017). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Yang Dipengaruhi Radiasi. J Pengabdi Kpd Masy, 1(6), 398-401.

Christiono, Sandy. 2011. “Pentingnya Kesehatan Gigi Anak Pada Usia Dini” http://fkg.unissula.ac.id/berita-fkg/berita-utama-fkg/pentingnya-kesehatan-gigi-anak-pada-usia-dini/ diakses pada 22 Agustus 2022.

Dinkes Surakarta. 2022. “Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini" https://dinkes.surakarta.go.id/menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-sejak-dini/ diakses pada 22 Agustus 2022.

Jannah, P. A., Kiswaluyo, K., & Hadnyanawati, H. (2022). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Santri MTs Kelas IX di Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Al-Izza Situbondo. Pustaka Kesehatan, 10(1), 36-45.

Kantohe, Z. R., Wowor, V. N., & Gunawan, P. N. (2016). Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. E-GiGi, 4(2).

Nisa, D., Riana, I., Putri, K. S. M., Hidayat, N. A., Tsania, S. R., & Muslih, R. A. (2021). Penyuluhan Kesehatan Gigi Melalui Metode Audio Visual dan Demonstrasi pada Anak MI. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(44), 36-48.

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. (2016). Penyuluhan Metode Audio Visual Dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53-57.

Pratiwi, D., Ariyani, A. P., Sari, A., Wirahadikusumah, A., Nofrizal, R., Tjandrawinata, R., ... & Komariah, F. S. (2020). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Dini Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Masyarakat Tegal Alur, Jakarta Community Services To Increase. Sejarah, 2(2).

Salsa, D. T., Isnanto, I., & Hidayati, S. (2022). Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Menggunakan Media Ular Tangga (Studi pada siswa kelas IV SD Islam An-Nur Surabaya tahun 2022). Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 3(2), 262-271.

Tambuwun, S., Harapan, I. K., & Amuntu, S. (2014). Hubungan Pengetahuan Cara Memelihara Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Karies Gigi Pada Siswa Kelas I SMP Muhammadiyah Pone Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 3(2), 51-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3394-3400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.