PENGARUH PEMBELAJARAN TAHSIN SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Saintifik Di Desa Nagori Silampuyang)

Lailatul Husna Lubis, Aditya Pratama Pulungan, Arba Dluha, Aulina Madhani Saragih, Anisya Agustina, Putri Nur Hafizah

Abstract


Belajar dan mengajarkan Al-Qur’an menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Indikasi baik buruknya keimanan seseorang juga bisa ditentukan berdasarkan kualitas bacaan serta kemampuan untuk memahami ayat yang terkandung dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertempat di Desa Nagori Silampuyang, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara. Latar belakang penelitian ini didasari oleh temuan lapangan yang menunjukkan gejala penurunan minat membaca Al-Qur’an anak-anak di desa Nagori Silampuyang. Selain itu, pemahaman mengenai makna yang terkandung dalam ayat juga penting untuk diajarkan supaya membentuk akhlak, moral dan perilaku yang baik dan terpuji. Maka dari itu metode Tahsin ingin dikenalkan  kepada anak- anak desa tersebut untuk memberikan panduan membaca Al-Qur'an dengan baik, benar, dan indah, serta untuk menghindar dari kesalahan dalam pengucapan yang mengakibatkan perubahan yang terkandung dalam ayat. metode penelitiannya diperoleh dari kuesioner, Focus Group Discussion dan wawancara  di nagori silampuyang. Hasil penelitian berdasarkann pertanyaan tentang minat membaca al-Qur’an. Hasil Penelitian memberikan hasil bahwa Penerapan metode Tahsin menunjukkan peningkatan kualitas serta minat membaca Al-Qur’an anak-anak di desa Nagori Silampuyang.      


Keywords


Tahsin, Al-Qur’an, Minat

Full Text:

PDF

References


Akhamad.D.F 2018. “Upaya orangtua dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an anak dalam keluarga”. Jurnal stai alhidayah. Hal 88-100

Fitriani, D. I., & Hayati, F. .2022. “Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 5 No. 1.

Leu, B. 2020. “Pembelajaran tahsin tilawah al-qur’an untuk pembaca pemula. ilmuna: jurnal studi pendidikan agama islam”. Vol. 2 No. 2

Amroeni Drajat. 2017. “Ulumul Qur’an Pengantar Ilmu-ilmu Al-Qur’an”. Depok: Kencana.

Andi Rosa. 2015 “Tafsir Konteporer”. Banten: Depdikbud Banten Press.

Anshori. 2013. “Ulumul Qur’an” Jakarta: Rajawali Press. 2013.

Fauziyyah,Nabilah.(2021).Meningkatkan Minat Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Pendampingan Belajar di Tengah Pandemi.1(31).

Hisyam bin Mahrus Ali Al-Makky. 2013. Bimbingan “Tahsin Tilawah AlQur’an”. Solo : ZamZam.

Kusnadi, 2018 “Metode Pembelajaran Kolaboratif Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe”, Tasikmalaya: Edu Publisher.

Mahmud Yunus. 2015 “Kamus Bahasa Arab Indonesia”. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur‟an.

Manna Khalil AL Qattan. 1996. “Studi Ilmu – Ilmu Al Qur’an Bandung”: Mizan.

Ramayulis. 2012. “Metologi Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridhahani, 2016, “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Al-Qur’an” Banjarmasin: IAIN Antasari Press, 2016

Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya © 2022 - Dunia Pengertian https://www.duniapengertian.com/2017/09/pengertian-studi-dokumentasi-serta-kekurangan-Kelebihan.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3298-3307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.