PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN PADA MASYARAKAT AEK SONGSONGAN

Eli Marlina Lubis, Dwi Rafi Carera

Abstract


PHBS adalah suatu kumpulan praktek perilaku atas dasar kesadaran dari hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang keluarga, kelompok, atau masyarakat dapat menolong dirinya sendiri secara mandiri dalam bidang kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah Ceramah dan Tanya Jawab. Setelah dilakukan penyuluhan didapatkan peningkatan pengetahuan masyarakat karena ketika penyuluhan pemateri memberikan motivasi sehingga masyarakat terdorong untuk menjaga kebersihan. Jika PHBS masyarakat tidak terjaga maka akan menimbulkan berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, sindrome metabolik mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan kadar kolesterol yang tidak normal. Penyuluhan berlangsung selama 30 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dengan dilakukan penyuluhan ini akan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sebelum dilakukan penyuluhan banyak masyarakat yang belum memahami mengenai PHBS Seperti tidak mencuci tangan menggunakan sabun, membuang sampah disembarang tempat. Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat berjalan dengan baik, dihadiri 35 orang. Penyuluhan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

 


Keywords


Penyuluhan, Perilaku, Kesehatan, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Permatasari J, Safitri DF, Luthfia F, Orlanda D. Penyuluhan PHBS Dalam Mewujudkan Masyarakat Dusun Talang Parit Peduli Akan Kesehatan. 2019;1(1):18–23.

Aming A, Fitriani A. Penyuluhan PHBS Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Dusun Limporiattang Peduli Akan Buang Sampah pada Tempatnya. 2021;3(1):178–82.

Astuti DW, Nadifah F, Prasetyaningsih Y, Meindara V, Irawati D. Counseling Of Clean and Healthy Living Behavior ( PHBS ) At Berjo Wetan ’ s Village Godean Sleman Yogyakarta Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ) Di Dusun Berjo Wetan Godean Sleman Yogyakarta. 2020;1(1):24–6.

Bur N. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( PHBS ) Di SD Inpres Katangka Gowa. 2020;2(April):46–51.

Kidul T, Garut K. View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 2018;68–74.

Langkah D, Mencuci C, Yang T, Di E, Paud S, Kelurahan M, et al. Penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) dengan 7 langkah cara mencuci tangan yang efektif di sekolah paud mawar kelurahan sawah baru, ciputat , tanggerang selatan. 2019;(September).

Langkapura SDN, Muhani N, Febriani CA, Yanti DE, Rahmah A. Penyuluhan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Tatanan Sekolah DI. 2022;4(1):27–38.

Lingkungan DI, Modern P, Kendal S. Penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) di lingkungan pondok modern selamat kendal. 2021;4:75–9.

Mangemba D, Musaidah ), Normalia ), Program ), Keperawatan SD-I, Kemenkes Palu P, et al. Mewujudkan Masyarakat Desa Sehat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Creating A Healthy Village Community Through Clean and Healthy Living Behavior Education 1*). J Pengabdi Masy Lentora. 2021;1(1):23–6.

Muspita Z, Lestarini Y, Asri IH, Ilhami Bs. Penyuluhan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat ( Phbs ) Pada Siswa Sekolah Dasar Desa Aikmel Kecamatan Aikmel Tahun 2021. 2021;02(2):163–8.

Shalahuddin I, Rosidin U, Nurhakim F. Pendidikan / Penyuluhan Kesehatan tentang PHBS Tatanan Rumah Tangga. 1(2):127–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3349-3354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.