SOSIALISASI PEMBUATAN MESIN TETAS TELUR DI TERAS LITERASI PLAJU DARAT PALEMBANG

Erliza Yuniarti, Dasir Dasir, Sofiah Sofiah, Anaindita Rahmalia Putri

Abstract


Usaha peternakan unggas sangat menjanjikan sehingga terus berkembang seiring pertambahan jumlah penduduk. Perkembangan  usaha peternakan berkaitan dengan permintaan  daging khususnya ayam pedaging dan telur. Permintaan akan  unggas saat ini dipenuhi oleh  ayam boiler, bebek dan ayam kampung terutama di daerah perkotaan. Tujuan kegiatan untuk membantu mitra mengatasi permasalahan yang dihadapi  dalam menjalankan usaha peternakan unggas dengan mensosialisasikan dan pendampingan pembuatan mesin tetas telur. Tahapan  kegiatan dilaksanakan meliputi, tahap awal program adalah  persiapan dengan melakukan survei lokasi, pembuatan program kerja bersama-sama dengan pengelola Teras Literasi Palembang sebagai mitra dan ketua Rukun Tetangga (RT), pembuatan alat bersama dengan warga dan mahasiswa yang terlibat, sosialisasi dilaksanakan setelah alat mesin tetas telur berhasil dibuat, pendampingan kegiatan dan evaluasi.  Hasil kegiatan adalah sebagai berikut: a) peserta dapat mengerti peralatan dan bahan yang dibutuhkan, untuk pembuatan mesin tetas b) peserta dapat memahami fungsi mesin tetas dan prinsip kerja mesin tetas c) peserta tertarik dan mampu membuat rancangan mesin tetas sesuai dengan kebutuhan penetasan d) tersedianya 1 (satu) buah mesin  telur berkapasitas 50 butir untuk dipergunakan oleh masyarakat. Program sosialisasi dan pendampingan dapat diterima oleh masyarakat, semangat gotong royong dan kebersamaan antara warga, dosen dan mahasiswa dalam pembuatan alat, diharapkan meningkatkan pemahaman  dan kesejahteraan masyarakat.


Keywords


sosialisasi, pendampingan, unggas, mesin tetas, teras literasi

Full Text:

PDF

References


Badjowawo, M. D, dan Bekak, D. O. 2015. Sistem Kontrol Suhu Pada Mesin Tetas Telur Ayam Buras Hemat Energi Daya Tetas Optimal. Jurnal Ilmiah Flash. Vol.1 No 1. p 43.

Hartono, T. 2012. Kiat Sukses Menetaskan Telur Ayam. Penebar Swadaya Vol. 1No.1.

Nurpandi, F. dan Sanjaya, A. P. 2017. Inkubator Penetasan Telur Ayam Berbasis Arduino. Media Jurnal Informatika. Vol.9 No. 2 p 66–77.

Rizki, M. F. S. 2019. Analisis Performansi Motor Induksi Satu Fasa Dengan Perbandingan Suplai Daya v/f Konstan Pada Blower Dengan Menggunakan Matlab. JOURNAL OF ELECTRICAL AND SYSTEM CONTROL ENGINEERING. Vol. 2 No.2.

Roihan, A. M. dan Dewi, R. C. 2020. Rancangan Mesin Penetas Telur Otomatis. Jurnal Teknik Otomotif dan Mesin. Vol. 1 No 1.

Sadiah, I. N. 2015. Mortalitas embrio dan daya tetas itik lokal (Anas sp.) berdasarkan pola pengaturan temperatur mesin tetas. Students E-Journal. Vol. 4 No.3 p1–12.

Wirapartha, M. dan Dewi, G. A. M. 2017. Bahan Ajar Manajemen Penetasan. Bahan Ajar Manajemen Panetasan Universitas Udayana. p 1–39.

Yuhendri, M., Muskhir, M., Risfendra, R. dan Hambali, H. 2020. Implementasi Sistem Kelistrikan Hibrida Untuk Kandang Ayam Terpadu di Nagari Salareh AIA. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No.1 p73.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3504-3510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.