OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA KKN SEBAGAI TENAGA PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DESA BANDAR KUALA

Uswatun Hasanah, Afni Apriani, Tasya Ardyah Rahmadani, Muhammad Andre Alkahfi, Muhammad Taufiq

Abstract


Pendidikan merupakan faktor penting bagi setiap manusia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan lebih baik. Dalam pelaksanaan pendidikan tentu membutuhkan tenaga pengajar yang bertugas untuk mengajar, baik mengajar dalam pendidikan formal atau non-formal. Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami lakukan di desa Bandar Kuala kecamatan Galang kabupaten Deli Serdang. Tujuan kami melakukan KKN di desa tersebut adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat dan membantu dalam meningkatkan pendidikan anak-anak desa tersebut. Antusias dan semangat belajar anak-anak desa Bandar Kuala sangat tinggi namun tenaga pengajar yang ada di desa sangat terbatas sehingga menjadi kendala bagi anak-anak tersebut untuk meraih pendidikan. Dengan demikian pada artikel ini memiliki judul Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Sebagai Tenaga Pengajar dalam Menigkatkan Pendidikan di Desa Bandar Kuala. Selain menggunakan metode Participatory Action Reaserch (PAR), penelitian ini juga  melakukan observasi lapangan untuk melihat potensi dan permasalahan yang ada di desa Bandar Kuala. Hasil dari kegiatan KKN memberikan gambaran mengenai semangat dan antusias yang diberikan anak-anak serta masyarakat mengenai peran mahasiswa sebagai tenaga pengajar dalam membantu pendidikan di desa Bandar Kuala melalui kegiatan pendidikan formal dan non-formal yang telah dilakukan oleh KKN Kelompok 34

Keywords


Peran, Mahasiswa, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aliyyah, R.R. et al. (2021) ‘Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), pp. 663–676.

Hasil pengamatan anggota KKN

https://galang.deliserdangkab.go.id/

https://nasional.sindonews.com/read/108742/18/meningkatkan-kualitas-pendidikan-di-indonesia-1595336851

Kepala Desa dan Sekretaris desa Bandar Kuala

Lestari, S., Ardian, N. and Harahap, N. (2021) ‘Implikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Mendidik Generasi Qurani di Masa Pandemi Covid-19’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 81–86. doi:10.33487/edumaspul.v5i2.2045.

Muslim, A.H. and Zulbaidah (2021) ‘Pemberdayaan Pendidikan Pengetahuan Dasar dan Keagamaan Masyarakat di Dusun Kaduheleut Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang’, Proceeding UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(19), pp. 1–10.

Nugraha Wahyudi, D. et al. (2021) ‘KKN DR Sisdamas: Pelaksanaan Pendidikan Islam di Kampung Cibiru Beet’, (Desember). Available at: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.

Y., Ni’am, K. and Lubis, F.A. (2019) ‘Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Desa Cibanteng’, Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), p. 401. doi:10.32832/abdidos.v3i4.468.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3275-3283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.