PENGUATAN NILAI – NILAI PANCASILA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI 008 SILAM DAN SD NEGERI 022 SILAM DESA SILAM KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Resdati Resdati, Resi Putra Prawira, Nadya Wulan Dhari, Y.A. Rini Shafa Aqilla, Nurul Kemala Putri, Waldi Herwanda, Eria Trinanda, Nadira Alifia Ionendri, Januandri Westerling Panjaitan, Nurhasanah Syafriani, Angelus P. Silalahi

Abstract


Profil pelajar pancasisila adalah bentuk penguatan nilai - nilai pancasila melalui profil yang ideal dalam membentuk karakter peserta didik dalam dunia pendidikan. Profil pelajar pancasila merupakan suatu upaya dalam memperkuat karakter siswa - siswi melalui nilai-nilai yang terdapat di dalam Pancasila. Pengenalan terhadap profil pelajar pancasila kepada peserta didik di setiap jenjang pendidikan harus dilaksanakan. Sosialisasi dilakukan oleh Tim Kukerta Universitas Riau dengan melakukan presentasi melalui PowerPoint dengan tema Pentingnya Profil Pelajar Pancasila. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan Siswa SD Negeri 008 Silam dan SD Negeri 022 Silam terkait program Profil Pelajar Pancasila bagi pendidik dan peserta didik. Kegiatan sosialisasi ini didukung oleh beberapa peralatan seperti laptop, LCD, WI-FI, speaker dan lain sebagainya. Pengabdian masyarakat dilakukan pada hari Jum’at, 22 Juli 2022 dan Selasa, 26 Juli 2022 secara luring. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh siswa kelas 4-6 dan didampingi beberapa Guru. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan izin sekolah dan diketahui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).


Keywords


Profil, Pelajar, Pancasila, Desa Silam

Full Text:

PDF

References


Basyar, S. (2020). Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(01), 96–102.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840– 7849.

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.

Shih, Y.-H. (2018). Some Critical Thinking on Paulo Freire’s Critical Pedagogy and Its Educational Implications. International Education Studies, 11(9), 64–70.

Umami, N. N. Al. (2020). Eksistensi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kearifan Lokal Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3248-3255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.